Desa Duyung Trawas Dicanangkan Bupati Mojokerto Jadi Kampung Wisata Durian

Bupati Mojokerto saat mencanangkan wisata durian di Trawas
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –  Potensi pohon durian membuat di Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto, dicanangkan menjadi wisata kampung durian. Bahkan, Desa Duyung dirancang menjadi sentra produksi durian. 

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Wisata kampung durian ini sudah diperkuat dengan para petani yang membudidaya tanaman durian khas Duyung. Sebagian petani membudiyakan buah durian dengan memanfaatkan lahan milik perhutani. Sebagian lagi lahan milik sendiri. 

Pencanangan wisata kampung durian tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati pada Sabtu, 4 Maret 2023. Penandatanganan prasasti oleh Bupati Ikfina sebagai tanda Desa Duyung resmi menjadi wisata kampung durian. 

Menengok Tradisi Kupatan Durenan di Trenggalek saat H+7 Lebaran, Ini Rangkaiannya

Ikfina mengatakan, buah durian di desa Duyung ini memang menjadi potensi yang luar biasa dalam pengembangan wisata desa. Terlebih kini sudah ada ratusan hektare tanaman durian yang bisa dipanen setiap tahun baik di lahan milik penduduk maupun di lahan milik perhutani yang semuanya juga dikelola penduduk.

"Ini adalah suatu hal yang perlu disyukuri. ini perlu dipertahankan agar durian ini menjadi komoditi yang diandalkan oleh Desa Duyung. Tidak perlu wisata yang aneh-aneh. Cukup durian ini saja," katanya.

3 Tahanan Sakit Usai Jalani Cek Kesehatan oleh Polres Trenggalek

Ia berharap, ke depan Pemerintah Desa setempat bersama masyarakat bisa berinovasi agar ramai jadi jujugan para wisatawan, baik dalam maupun luar Mojokerto.

Menurutnya, melalui kampung durian ini Desa Duyung bisa menjadi sentra produksi durian dan pengolahan produk berbahan durian. Sehingga dari durian ini bisa mensejahterakan seluruh masyarakat Desa Duyung.

Halaman Selanjutnya
img_title