26 Warga yang Terjebak di Sungai Brantas Tulungagung Berhasil Dievakuasi

Proses evakuasi warga pencari ikan yang terjebak
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimTim SAR Trenggalek akhirnya berhasil mengevakuasi 26 warga yang terjebak di delta sungai Brantas, Desa Sambirobyong, Sumbergempol, Tulungagung. Para pencari ikan itu dievakuasi dalam kondisi selamat, Selasa, 7 Maret 2023.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Koordinator Pos SAR Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan bahwa proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Sehingga puluhan pemancing ikan tersebut dapat dievakuasi dengan selamat.

“Proses evakuasi para pemancing ikan ini dilakukan tim SAR gabungan secara bertahap, dengan menggunakan tiga set perahu karet yang dilengkapi mesin Motor Tempel,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Selasa, 7 Maret 2023. 

Bus Bagong Kena Tilang Polisi gegara Nekat Lawan Arus Lalu Lintas di Tulungagung

26 orang pencari ikan yang membentuk beberapa kelompok ini dievakuasi tim SAR gabungan dari sekitar enam delta yang ada di daerah aliran sungai Brantas, yang melintas di wilayah desa Sambirobyong.

“Saat pertama kali ditemukan tim SAR gabungan, rata-rata para pencari ikan ini terlihat cemas, takut dan bahkan ada diantara mereka yang menangis. Tapi setelah berhasil dievakuasi ke tepi sungai dan bertemu dengan keluarganya, kondisi mereka kembali tenang,” ungkap Yoni.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Proses evakuasi 26 orang pencari ikan ini berlangsung sekitar 6 jam, dimulai pukul 21.30 WIB hingga selesai sekitar pukul 02.00 WIB.

Sejumlah kendala dihadapi oleh tim SAR gabungan saat melakukan proses evakuasi. Selain kondisi derasnya aliran sungai Brantas dan minimnya penerangan di malam hari, proses awal evakuasi juga sempat terkendala sulitnya tim SAR gabungan saat akan menurunkan –perahu-perahu karet.

Halaman Selanjutnya
img_title