GGN Jatim Pendukung Ganjar Inisiasi Kegiatan Positif Bertajuk Pelatihan Zakat dan Hikmahnya

GGN Jatim Pendukung Ganjar
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Agenda yang bertajuk Pelatihan Zakat dan Hikmahnya  bersama masyarakat, santri dan ibu-ibu majelis taklim diinisiasi oleh Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur, Selasa 14 Maret 2023. 

Dua Penganiaya Santri Ponpes Kediri hingga Tewas Divonis 6,5 Tahun Penjara

Kegiatan tersebut untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam berzakat. Agenda tersebut bertempat di Pondok Pesantren Sirahan, Dusun Rejoso, Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Koordinator Wilayah GGN Jatim, Gus Alwy Hasan mengatakan dengan berzakat manusia menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, menjalankan rukun Islam, serta berdampak baik bagi para pemberi zakat.

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

“Zakat ini juga untuk membersihkan jiwa, membersihkan hati dari sifat dengki, kikir, pelit, dan lain sebagainya," jelas Gus Alwy di lokasi.

Dalam kegiatan itu, GGN menyampaikan tata cara pembayaran zakat fitrah, niat, hukum, waktu, dan lain-lain. Mengingat, dalam waktu dekat umat muslim akan memasuki bulan Ramadan.

Pengacara Pelaku Ungkap Motif Penganiayaan Santri Asal Banyuwangi di Kediri

Zakat merupakan instrumen dari pertumbuhan ekonomi yang berdampak positif pada akselerasi kesejahteraan masyarakat demi mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

"Karena kesadaran berzakat ini harus selalu disosialisasikan ke masyarakat arus bawah agar supaya ketimpangan sosial, ketimpangan ekonomi yang ada di masyarakat ini tidak terjadi lagi. Supaya kesejahteraan ini lebih merata,” ucap Gus Alwy Hasan.

Halaman Selanjutnya
img_title