Jelang Ramadan, Kemenag Kirimkan 50 Pendakwah Moderat di Daerah 3T

Dirjen Bimas Islam Melepas 50 Dai ke daerah 3 T
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin resmi melepas 50 penceramah moderat ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Menurut Dirjen, program yang rutin dilaksanakan setiap Ramadan tersebut merupakan upaya Kemenag dalam pemerataan akses layanan dan bimbingan keagamaan.  

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Diketahui, Pelepasan dai ini dihadiri oleh para pejabat Kementerian Agama, unsur Dewan Pengawas Syariah LAZIS Assalam Fil Alamin, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, dan sejumlah Ormas Islam.

Kamaruddin mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam yang moderat di masyarakat.

Pencabutan Ijop Pesantren Tak Selesaikan Kasus Pencabulan

“Program  pengiriman dai untuk berdakwah di daerah 3T ini menjadi ikhtiar dan tanggung jawab kami dalam pemerataan layanan keagamaan, terutama dalam penguatan pemahaman keagamaan moderat dan wawasan kebangsaan yang kuat,” tegas Kamaruddin di Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.  

Dikatakan Kamaruddin, Kemenag hadir ke seluruh pelosok negeri dalam pembangunan di bidang agama. 

Puluhan CJH Trenggalek Bermasalah, Gagal Berangkat karena Mengundurkan Diri

“Di Ramadan tahun ini, Kemenag mengirim 50 dai yang terpilih dari 279 pendaftar melalui rekrutmen terbuka. Mereka akan melaksanakan tugas dakwah di lima provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur,” ungkapnya. 

“Banyak masyarakat Muslim yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik, pemahaman tentang ketauhidan dan wawasan fikih ibadah yang masih rendah, serta aspek-aspek muamalah-perekonomian Islam yang masih kurang. Kenyataan ini yang menjadi salah satu target pelayanan kami,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title