Salat Tarawih Pertama, Masjid Al Akbar Surabaya Dipadati 15 Ribu Jemaah

Salat Tarawih malam pertama di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
Sumber :
  • ISTIMEWA

Jatim – Tarawih pertama pada Rabu, 22 Maret 2023, malam, di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, diikuti ribuan jemaah. Mereka terlihat khusyuk melaksanakan Salat Tarawih di masjid kebanggaan warga Jawa Timur tersebut.

Mimpi Basah Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Buya Yahya

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, menjelaskan, Salat Tarawih pertama di bulan Ramadhan tahun ini diikuti 15 ribuan orang. Tiga ruangan yang tersedia penuh sesak dengan jemaah. 

“Sesuai dengan hitung-hitungan sudah ada hitungannya, kiri, tengah dan sisi kanan,” tandas Helmy kepada VIVA Jatim.

Mufti Agung Mesir Ungkap Amalan Ringan Berpahala Besar di Bulan Ramadan

Jemaah mulai berdatangan sejak menjelang Isya, sembari menanti pengumuman dari pemerintah yang mengeluarkan keputusan bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Setelah azan Isya, jemaah kian banyak dan memenuhi seluruh saf masjid.

“Jemaahnya membludak. Alhamdulillah, Tarawih pertama di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sesuai yang kami perkirakan,” kata Helmy. 

Forkopimda Tulungagung Patroli Gunakan Motor Listrik dan Bagi Takjil

Agar jemaah nyaman selama melaksanakan Salat Tarawih, kata Helmy, panitia sejak awal melakukan persiapan. Di antaranya membereskan urusan tempat wudu. Total 600 keran wudu disediakan. Seluruh kamar mandi dan toilet juga difungsikan.

Di sisi luar, lanjut Helmy, panitia juga menyiapkan sekira 30 keran tambahan yang ada di semua sisi pintu masuk masjid. “Kita juga menyiapkan petugas pengatur saf. Kalau penuh semuanya, kita siapkan di sisi luar,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title