Alasan Jokowi Imbau Pejabat Pemerintah Tiadakan Buka Bersama 

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Menteri Agama Republik Indonesia, H Yaqut Cholil Qoumas secara resmi mengumumkan bahwa hari ini, Kamis 23 Maret 2023 bertepatan dengan 1 Ramadan 1444 Hijriyah. Dimana umat Islam di tanah air dapat memulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan. 

Sejurus kemudian, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengimbau kepada seluruh pejabat negara maupun pegawai pemerintah untuk meniadakan acara buka puasa bersama di Bulan Ramadan 1444 Hijriyah atau tahun 2023 ini. 

Dilansir dari laman VIVA, arahan itu tertuang dalam surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 perihal arahan terkait penyelenggaraan buka puasa bersama.

Kemudian, surat arahan larangan buka bersama itu ditujukan langsung kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Badan atau Lembaga.

Jokowi menegaskan bahwa salah satu bunyi surat tersebut yakni, "Sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan buka puasa bersama pada bulan suci Ramadan 1444 Hijriah agar ditiadakan," bunyi salah satu poin surat arahan Jokowi itu, dikutip Rabu 22 Maret 2023.

Imbauan Jokowi tentu bukan tanpa alasan, pria nomor 1 di RI itu menegaskan bahwa saat ini Indonesia masih dalam proses penanganan COVID-19 dari pandemi menjadi endemi. Maka dari itu, ia meminta agar masyarakat Indonesia harus tetap berhati-hati.

Jokowi juga meminta kepada Menteri Dalam Negeri agar menindaklanjuti arahan tersebut kepada para gubernur, bupati dan wali kota di seluruh tanah air.