Menaker Minta Semua Gubernur Buka Posko Satgas Pengaduan THR

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Sumber :
  • Viva.com

JatimMenteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/2/HK.04.00/III/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2023 Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan

Simak 5 Tips Ini Biar Uang THR Gak Habis Buat Keperluan Lebaran

Dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia itu, Ida pun meminta agar mereka membentuk Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) di wilayahnya masing-masing. Hal itu untuk mengawasi perusahaan dalam memberikan THR dan menerima aduan dari kalangan pekerja perihal masalah pembayaran THR mereka.

"Saya meminta para Gubernur agar membentuk Posko Satgas Ketenagakerjaan Pelayanan Konsultasi dan Penegakan Hukum Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2023, di masing-masing wilayah provinsi dan kabupaten/kotanya masing-masing," kata Ida dalam konferensi pers 'Kebijakan Pembayaran THR 2023', Selasa, 28 Maret 2023.

Jelang Lebaran, Kemenag Cairkan Insentif Guru PAI Non ASN Per Orang Dapat Rp1,5 Juta

Selain itu, Ida juga meminta kepada para Gubernur tersebut agar mengintegrasikan Posko Satgas Ketenagakerjaan itu dengan website https://poskothr.kemnaker.go.id, guna mengawasi pelaksanaan pemberian THR Keagamaan di wilayahnya masing-masing. 

"Dalam rangka memastikan pelaksanaan pembayaran THR Keagamaan 2023, saya meminta kepada para gubernur dan jajarannya untuk mengupayakan agar perusahaan di wilayah provinsi dan kabupaten/kotanya masing-masing agar  membayar THR Keagamaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Ida.

Bayar Utang Dulu atau Nekat Bagi-bagi THR ke Saudara? Kata Buya Yahya Begini

"Dan kami juga mengimbau perusahaan agar membayar THR Keagamaan lebih awal, sebelum jatuh tempo kewajiban pembayaran THR Keagamaan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Ida juga sudah menegaskan kepada para pengusaha atau perusahaan, untuk membayar THR keagamaan kepada para pekerjanya secara penuh dan tidak boleh dicicil.

Halaman Selanjutnya
img_title