Diplomat Amerika Serikat: Seharusnya Rusia Tidak Lagi Sebagai Dewan Keamanan PBB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Viva

Jatim – Seorang diplomat luar negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa Rusia seharusnya sudah tidak menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Aksi Heroik Bocah Muslim Selamatkan Ratusan Orang dari Serangan Teroris di Rusia

"Rusia adalah anggota tetap Dewan Keamanan. Seharusnya itu sudah bukan lagi, setelah apa yang dilakukannya di Ukraina," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield, melansir Euro News.  

Namun, piagam PBB tidak mengizinkan mengubah statusnya sebagai anggota tetap. Dewan Keamanan PBB adalah badan internasional yang bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian. 

Sadisnya Interogasi Pelaku Terorisme di Rusia: Telinga Dipotong, Kelamin Disetrum

Pengaduan dari negara-negara lain dapat diajukan ke dewan tersebut, dengan dewan memberikan suara dan membuat keputusan tentang masalah keamanan yang wajib diikuti oleh anggota PBB lainnya. 

Dewan Keamanan PBB memiliki 10 anggota bergilir dan lima anggota tetap, termasuk Rusia, Inggris, Prancis, AS, dan China yang memegang hak veto. 

Aksi Terorisme di Rusia Ulah ISIS-K, Kelompok Ekstrem Sempalan Al-Qaeda dan Taliban

Thomas-Greenfield mengatakan bahwa dia mengharapkan Rusia untuk berperilaku "profesional" dalam kepresidenan, meskipun dia ragu. “Kami juga berharap Rusia juga mencari peluang untuk memajukan kampanye disinformasi mereka melawan Ukraina, Amerika Serikat, dan semua sekutu kami,” kata duta besar AS itu. 

"Di setiap kesempatan, kami akan menyuarakan keprihatinan kami tentang tindakan Rusia," tambahnya, mengulangi kecaman Washington atas "kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia yang mereka lakukan" di Ukraina.

Halaman Selanjutnya
img_title