Pengamat Sebut Jokowi tidak Lagi Endorse Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Viva

Jatim – Pada ajang Pilpres 2024 nanti, koalisi besar gabungan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR, diprediksi makin mulus untuk bersatu. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Meski menjadi koalisi besar, namun faktor penentu lainnya adalah figur capres dan cawapres.  "Jadi memang harus dicari yang pas figur capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tinggi," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, dikutip dari viva.co.id pada Selasa 4 April 2023.

Meleburnya KIB dan KKIR, semakin kencang berhembus setelah kelima ketua umum partai dari kedua kubu koalisi itu, bertemu. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Pertemuan berlangsung pada silaturahmi Ramadhan yang digelar Partai Amanat Nasional (PAN) pada Minggu 2 April 2023. Turut hadir dalam acara itu Presiden Joko Widodo

Ujang menjelaskan, jika konstelasi capres terkuat saat ini berdasarkan survei, maka muncul 3 nama. Yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

"Ganjar itu kelihatannya tidak didukung Jokowi lagi karena sudah berani menolak piala dunia (Piala Dunia U-20)," kata Ujang.  

Sebab, pasca FIFA membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, sorotan tajam diarahkan ke Ganjar Pranowo. 

Halaman Selanjutnya
img_title