Seorang Dukun Maut, Slamet Tohari Bunuh 12 Korban dengan Dua Zat Beracun

Evakuasi jenazah korban Mbah Dukun Slamet
Sumber :
  • Viva

JatimHasil uji laboratorium, 12 korban yang dibunuh Slamet Tohari, dukun maut asal Banjarnegara, dalam tubuhnya mengandung sianida. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Labfor Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Slamet Iswanto.

Waspada 5 Jenis Makanan yang Mengandung Sianida, Bahaya Bagi Tubuh

Bukti kuat lainnya telah telah ditemukan 2 butir serbuk potas yang mengandung potasium sianida, dan tablet klonidin atau obat antihipertensi yang punya efek kantuk. 

Sebagaimana penjelasan dari Kabid Labfor, bahwa sianida punya efek yang cepat dan mampu merusak sel-sel di dalam tubuh dalam rentang waktu sekitar 1 hingga 5 menit. Jika ditelan dalam jumlah yang cukup banyak, orang bisa meninggal dalam 5 menit.

2 Tersangka Pembunuhan Cewek Open BO di Mojokerto segera Diadili

"Sianida adalah senyawa beracun yang dapat menyebabkan kematian pada sel-sel tubuh ketika tertelan. Sedangkan, klonidin adalah obat antihipertensi golongan penghambat reseptor alfa agonis kerja sentral. Dua belas korban itu positif mengandung sianida. Jadi bisa diambil kesimpulan korban meninggal karena sianida," tegas Kabid Labfor Polda Jateng, dikutip Jumat, 7 April 2023.

Kedua pelaku dalam praktik dukun tersebut menjadi dua zat tersebut sebagai syarat dalam ritual penggandaan uang. Pelaku diminta untuk menelan dua zat tersebut.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Penggunaan dua jenis pil itu merupakan modus dari pelaku," jelasnya.

Kombes Pol Slamet Iswanto mengatakan, pihaknya mulai melakukan identifikasi jenazah tersebut di Polres Banjarnegara pada Selasa 4 April 2023 terkait upaya scientific crime investigation yang dilakukan Polda Jateng. Dan hingga kini proses masih terus berlangsung. 

Halaman Selanjutnya
img_title