Waspada 5 Jenis Makanan yang Mengandung Sianida, Bahaya Bagi Tubuh

Bahaya Olahraga Terlalu Ekstrem
Sumber :
  • Viva.com

Surabaya, VIVA Jatim – Polemik kasus kopi sianida kembali mencuat ke permukaan setelah tayang film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso tayang di Netflix. Kasus itu menewaskan Wayan Mirna Salihin pada 2016 lalu. Lalu Jessica Wongso sebagai pelaku pembunuhan. 

Ketahui 4 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dilansir dari VIVA, Kamis, 5 Oktober 2023, Sianida sendiri adalah senyawa kimia beracun yang dapat ditemukan secara alami dalam beberapa makanan. Meskipun dalam jumlah yang sangat kecil, sianida alami ini masih dapat berdampak pada kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Apa saja makanan yang mengandung sianida alami? Berikut ini makanan mengandung sianida alami dan efeknya bagi tubuh yang dihimpun dari berbagai sumbera.

Keripik Radja PP Mambaul Ulum Malang Angkat Perekonomian Lima Desa

1. Singkong

Singkong adalah makanan pokok yang dikonsumsi di banyak negara tropis. Tanaman singkong mengandung senyawa sianida dalam bentuk glikosida sianogenik, seperti linamarin dan lotaustralin. Ini adalah senyawa yang aman jika dimakan dalam jumlah sedang, namun bisa berbahaya jika singkong tidak diproses dengan benar. Tanaman singkong harus direbus atau dipanggang untuk menghilangkan sianida sebelum dimakan.

6 Jenis Minyak Goreng yang Aman Buat Dikonsumsi Penderita Kolesterol

2. Biji Apel

Biji apel mengandung senyawa amigdalin, yang juga mengandung sianida. Meskipun jumlahnya kecil dan biasanya tidak menyebabkan masalah ketika biji apel dikonsumsi dalam jumlah sedang, tetapi mengunyah atau menggiling biji apel dapat membebaskan sianida. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengunyah biji apel.

Halaman Selanjutnya
img_title