Ahli Tafsir Quran Sebut Kisah Cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha Bohong

Prof Quraish Shihab, Ahli Tafsir Al Quran
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Pengarang Kitab Tafsir Al-Misbah, Prof Quraish Shihab secara tegas mengatakan bahwa kisah cinta antara Nabi Yusuf dengan Zulaikha hanyalah fiktif belaka. Atau dalam kata lain cerita bohong yang tidak didasarkan fakta sejarah. 

Soal Seruan MUI Boikot Produk Pro Israel, Begini Tanggapan Prof Quraish Shihab

Karenanya, ayahanda Najwa Shihab ini berharap kepada umat Islam untuk tidak lagi berdoa dengan menggunakan perumpamaan 'semoga cintanya seperti Yusuf dan Zulaikha'. Sebab kisah perihal cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha tidak dapat dicari kebenarannya. 

“Tidak ada cerita yang menggambarkan Nabi Yusuf jatuh cinta kepada Zulaikha, namun yang diceritakan adalah cinta Yusuf tercurah kepada Tuhan. Selain itu usia mereka jauh berbeda, Yusuf waktu itu sekitar usia 31 tahun, sedangkan Zulaikha berusia 53 tahun. Sehingga tidak ada cerita menikah di antara mereka, jika ada ceritanya maka itu dibuat-buat (bohong),” ujar Quraish Shihab dikutip dari VIVA, Senin, 10 April 2023. 

Jangan Mengotori Maulid Nabi dengan Kepentingan Politik Praktis

Ia lantas menyebut bahwa cinta adalah fitrah manusia yang ada di dalam hati dan perlu disalurkan, oleh karenanya agama tidak melarang cinta. Cinta, kata dia, adalah kesucian, cinta adalah kesetiaan dan segala hal yang indah.

“Tapi apa yang terjadi kepada Zulaikha dan Yusuf itu tidak direstui oleh agama karena Zulaikha sudah menikah dan menggoda Yusuf. Ini diterangkan dalam Alquran tapi dengan bahasa yang sangat halus dan tidak mengundang selera. Kita dapat pelajaran, silahkan membaca dan menulis roman tapi jangan mengundang selera,” paparnya.

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

Menurutnya, cinta itu memiliki tingkatan mulai dari ketakjuban dengan seseorang, ketakjuban itu meningkat dan mendorong seseorang untuk mendekat, ketika itulah cinta Zulaikha yang diterjemahkan dalam Alquran.

Sehingga ia tidak dapat berpikir lagi, dan pikirannya hanya tertuju kepada Yusuf. Cintanya sudah masuk ke lubuk hatinya sehingga menguasai pikiran dan tingkah lakunya.

Halaman Selanjutnya
img_title