Soal Seruan MUI Boikot Produk Pro Israel, Begini Tanggapan Prof Quraish Shihab

Prof Quraish Shihab
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Tokoh cendekiawan Muslim Indonesia, Prof Quraish Shihab merespons ihwal anjuran boikot produk pro Israel yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Sabtu, 11 November 2023 lalu.

Kiranti, Minuman Herbal Khusus Wanita saat Haid ini Bisa Diminum Setiap Hari

Sebelum menyampaikan terkait pandangannya soal aksi boikot produk yang terang-terangan mendukung agresi Israel ke Gaza, pendiri Pusat Studi Alquran (PSQ) itu lebih dulu bercerita soal seorang pengusaha yang datang kepadanya.

"Pak Quraish, saya diboikot, 60 persen penjualan saya menurun. Saya itu beri gaji orang-orang Muslim. Bahan-bahan yang saya buat itu dari bahan-bahan yang ada dalam negeri, apa saya juga harus diboikot?" ujarnya dilihat di YouTube Bayt Al-Quran Kamis, 16 November 2023.

Derita Palestina, MUI: Aksi Bantuan Lebih Dibutuhkan Ketimbang Seruan Boikot

“Bagaimana? Ini kan problem. Jadi mestinya yang kita boikot itu, saya katakan: kita harus berpikir. MUI yang mengeluarkan fatwa itu harus berpikir menentukan, ini (produk) yang kita boikot, ini tidak,” sambungnya

Penulis Tafsir Al Misbah itu melanjutkan, pengusaha tersebut mengaku memproduksi sebuah produk yang namanya sama dengan produk di Amerika yang memberi bantuan ke Israel.

Ramai Seruan Boikot Produk Pro Israel, Publik Diminta Jeli dan Bijak Menyikapi

Kendati memiliki nama serupa, lanjut Quraish, pengusaha tersebut mengaku tidak memberi apa-apa ke Israel. “Apa saya juga harus diboikot?” keluhnya kepada Quraish Shihab.

Quraish Shihab lalu menyorot daftar produk-produk yang beredar di media sosial, menurutnya sebagian dari produk tersebut tidak perlu diboikot.

Halaman Selanjutnya
img_title