Para Tahanan Ngaji dan Buka bersama Petugas Kepolisian di Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Para tahanan dan kepolisian ngaji dan buka bersama
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Memanfaatkan bulan suci Ramadan, tahanan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya serempak melakukan ngaji dan salawatan bersama.

Ceria Gelar Rangkaian Safari Ramadhan 1445 H, Buka Puasa Bersama dengan Tokoh Masyarakat

Peserta ngaji dan salawatan adalah tahanan dari semua macam perkara da nasal-usul kasus.  Baik dari kasus penganiayaan, pencurian, hingga narkoba sekali pun. Satu persatu tahanan terlibat tengah menyemak bacaan, melantunkan salawat dan asmaul huna bersama-sama.

Hal ini menunjukkan kekompokan di tengah bulan yang penuh berkah ini. Bahkan, saking guyub dan tertibnya, seolah tak ada sekat antara tahanan dengan para petugas kepolisian. Meski, di balik jeruji, terdapat penjagaan ekstra ketat.

Cium Bendera Merah Putih, Napi Teroris Eks JI Kembali Ke Pangkuan NKRI

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Wahyu Norman mengatakan, kegiatan ngaji bersama dan tausyiah singkat merupakan agenda rutin setiap Ramadan tiba. Meski, tak dilakukan secara berkala atau setiap hari.

Norman mengaku senang dan mengapresiasi para tahanan. Sebab, meski dalam status narapidana dan terjerat perkara, mereka antusias dan beribadah lebih giat saat Ramadan.

Kanwil Kemenkumham Jatim Usulkan 16.608 Warga Binaan Peroleh Remisi Khusus Idul Fitri

"Kegiatan kami selama Ramadan tidak hanya ngaji bersama, tapi juga buka bersama dan tausyiah. Selain bersama anggota, kami juga melakukan dengan para tahanan," kata Norman kepada Viva Jatim, Selasa 11 April 2023 lalu.

Kendati buka dan ngaji bersama tahanan, hal tersebut telah diantisipasi Norman. Salah satunya dengan melakukan penjagaan ekstra ketat di sejumlah titik.

Halaman Selanjutnya
img_title