Daftar 5 Ruas Tol Diberi Diskon saat Mudik Lebaran

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3,
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yang memberikan diskon tarif pada 5 tol di musim mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023. Kelima ruas tol tersebut yakni 3 ruas di Pulau Jawa dan 2 ruas di Pulau Sumatera. 

Anggaran Rp 60 Miliar Lebih Digelontorkan untuk Perbaiki Jalan Rusak di Trenggalek

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan penerapan kebijakan diskon tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik maupun arus balik Lebaran.

Hal itu dilakukan tanpa mengurangi kualitas layanan jalan tol, dengan memecah arus lalu lintas di awal dan akhir masa libur Lebaran 1444 H tahun 2023 ini. 

Begini Respon Basuki Hadimuljono soal Dirinya Bakal Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

"Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol dapat disambut positif, dan dimanfaatkan masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan," kata Endra dalam keterangannya pada Minggu, 16 April 2023. 

Pertama, diskon tarif tol diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20 persen, untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan bagian penting dari Jalan Tol Trans Jawa. Penerapan diskon tol berlaku tanggal 16-17 April dan 27-29 April 2023, dari Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya.

Bangunan Permanen Pinggir JLS Tulungagung, Pemkab Minta Bongkar Sendiri

Kedua, diskon tarif tol diberikan PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Potongan tarif tol diberikan sebesar 20 persen, dan berlaku tanggal 16-18 April dan 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

Ketiga, penerapan diskon tarif tol berlaku untuk ruas Tol Kayuagung-Palembang yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road, melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST). Diskon tarif tol pada jalan tol Trans Sumatera ini diberlakukan untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen, dan berlaku pada 16-18 April dan 27-29 April 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title