Tunjangan Profesi Guru di Jatim Sebesar Rp 181.999 Miliar Cair Hari ini 

Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Sebanyak 15.301 Guru di lingkungan Pemprov Jatim akan menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) reguler Triwulan I 2023 hari ini, Selasa 18 April 2023. Hal ini dipastikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sendiri terkait TPG. Tidak tanggung-tanggung, TPG yang dicairkan hari ini berjumlah sebesar Rp 181,999 Miliar. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Gubernur Khofifah berharap pencairan TPG ini akan meningkatkan kesejahteraan para guru dan meningkatkan kebahagiaan khususnya jelang lebaran Idul Fitri. “Alhamdulillah pencairan TPG reguler ini juga bertepatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga makin menambah kebahagiaan para guru di Jatim dalam menyambut lebaran,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya. 

Ia merinci, sebanyak 15.301 guru yang menerima TPG hari ini terdiri dari 13.464 Guru PNS dan 1.837 Guru PPPK. Dijelaskannya, TPG tersebut meripakan tunjangan khusus yang diberikan pemerintah kepada guru sebagai bentuk penghargaan atas profesionalitasnya. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Tunjangan itu diberikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen Tunjangan Khusus Guru Dan Dosen serta Tunjangan Kehormatan Profesor.

Sesuai Pasal 1 ayat (4), Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya. 

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

“Pemberian TPG reguler ini  juga sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan penghasilan tambahan bagi para guru,” tandasnya. 

Khofifah mengatakan, selain TPG reguler, para guru di Jatim juga akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) 50% dari TPG Bulan Maret 2023. Dimana jumlah penerima THR 50% TPG ini berjumlah 15.220 Guru yang terdiri dari 13.383 Guru PNS dan 1.837 Guru PPPK dengan nominal pencairan sebesar Rp. 30,2 miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title