Prabowo Ungguli Ganjar Versi Survei PRC, Pildun U-20 Gagal Jadi Faktor

Pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah lembaga survei menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai figur yang digadang-gadang maju calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi menyalip Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Terbaru, ada survei dari Politika Research and Consulting (PRC), di mana elektabilitas Prabowo Subianto 22,5% unggul atas Ganjar Pranowo 20,2%, dan Anies Baswedan 17,9%.

Elektabilitas Prabowo semakin melejit ketika simulasi 3 nama. Di mana elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 35,6%, Ganjar Pranowo 29,4%, Anies Baswedan 25,2, dan yang belum menentukan pilihan ada 9,8%.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Selain itu ada juga Lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan Prabowo sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi dengan angka 22,2% mengungguli Ganjar Pranowo 19,8%, dan Anies Baswedan 15,9%.

Pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menyebut merosotnya elektabilitas kader PDIP tersebut karena beberapa faktor. Salah satunya, menurut Imam, adalah sikap penolakan Ganjar untuk Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20.

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

“Banyak faktor kenapa elektabilitas Ganjar nyungsep. Susah untuk rebound. Kita tahu ada dua faktor, minimal, pertama blunder Ganjar terhadap sikap saat penolakan Piala Dunia U-20,” kata Arif saat dikonfirmasi, Kamis, 20 April 2023. 

Arif menyebut pendukung sepak bola di Indonesia yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta tersebut sangat kecewa dan mengalihkan suaranya kepada calon lain termasuk Prabowo Subianto.

Halaman Selanjutnya
img_title