Kesan Tersisa dari Ngabuburit Heppiii di Banyuwangi, Ada Bazar Produk Lokal

Ngabuburit Heppiii di Banyuwangi, Ada Bazar Produk Lokal
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimRamadan telah berlalu. Tapi kesan indah dan semaraknya masih terasa. Kesan seperti itu di antaranya dirasakan Heppiii Community saat menggelar Ngabuburit Heppiii di Banyuwangi. Di acara itu, ada bazar produk lokal disuguhkan kepada masyarakat setempat.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Pemuda Rumping Timur yang tergabung dalam Heppiii Community juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. Bazar ini menampilkan berbagai produk lokal warga setempat seperti kerajinan khas Banyuwangi.

"Tema yang diusung dalam bazar ini adalah geliat ekonomi, merajut harmoni di bulan ramadan. Selain ada berbagai produk lokal, juga ditampilkan banyak acara, seperti misalnya ada gema salawat, kemudian ada juga live music, lalu ada gebyar seni tradisional Banyuwangi," katanya dalam keterangannya, Selasa, 25 April 2023.

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Bazar ini ditempatkan di Jalan Diponegoro Dusun Rumping, Plampangrejo, dan banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, swasta maupun pemerintah daerah setempat.

Bazar ini juga sukses menyedot perhatian dari masyarakat di Banyuwangi dan sekitarnya. Selain bazar, ada juga Majelis Taklim & Sholawat Ahbaabul Mustofa, kemudian dipentaskan juga kesenian lokal jaranan & tari gandrung oleh Sanggar Seni Wangsa Arum.

Bagaimana Hukum Memberi Zakat Fitrah ke Orang Tua Sendiri? Ini Kata Buya Yahya

Sementara di luar bazar, kegiatan Ngabuburit Heppiii digelar bersamaan dengan kegiatan Ramadhan Heppiii. Kegiatan ini digelar serentak di 17 lokasi berbeda di wilayah Jawa Timur dan sebagian berada di Pangkalan Bun. Kegiatan ini mengambil tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'.

Karta dan komunitas yang menggelar kegiatan ini mulai dari wilayah Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Madiun Magetan, Ngawi, Kediri. Kemudian Ponorogo, Sidoarjo, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso hingga Banyuwangi serta luar Pulau Jawa ada Pangkalan Bun.