Hadiri AICIS ke-22, Menag Harap Kaji Serius Fikih Hubungan Muslim dan Non Muslim Demi Perdamaian

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Humas Menag

Jatim –Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sangat prihatin dengan masih terjadinya konflik yang mengatasnamakan agama di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Menko PMK Dukung Menag Yaqut soal Aturan Suara Toa Masjid Tak Berisik selama Ramadan

Hal tersebut disampaikan oleh Menag Yaqut saat pembukaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-22 di Sport Center UIN Sunan Ampel, Surabaya, Selasa, 2 Mei 2023. 

Menurutnya, konflik semacam itu bisa dicegah jika masyarakat memiliki pandangan keagamaan yang inklusif. Rekontekstualisasi hukum di berbagai agama, termasuk fikih, menjadi sebuah keharusan. 

Petinju Dunia Muhammad Ali Jelaskan tentang Solat 5 Waktu

"Setiap ahli agama semestinya kembali mendalami ajarannya masing-masing dan jika menemukan unsur-unsur yang dapat membahayakan koeksistensi (hidup berdampingan) dan perdamaian di tengah masyarakat harus berani mempertimbangkan tafsir yang baru yang memungkinkan kita semua hidup berdampingan secara damai," tegasnya dalam rilis yang diterima Viva Jatim.

"Rekontekstualisasi hukum di berbagai agama, termasuk fikih, mutlak dilakukan sebagai salah satu untuk mencegah konflik," sambungnya.

Profil Addin Jauharuddin, Ketum Terpilih Pimpinan Pusat GP Ansor

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini lebih lanjut mengatakan saat ini dunia berada di ambang kekacauan. Ini antara lain ditandai dengan maraknya perang, resesi global, kelangkaan energi dan pangan, serta pertentangan antaragama dan keyakinan di berbagai negara. Karenanya, seseorang tidak boleh hanya diam tapi harus memilih di bagian mana  bisa berkontribusi untuk peradaban. 

"Mari kita kembali melihat agama sebagai sumber ajaran mulia yang memerintahkan kita untuk mengembangkan kebajikan (akhlaqul karimah) dan untuk menjadi berkah bagi semua ciptaan, atau Rahmatan Li al-'Alamin," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title