Menkominfo Siapkan Jaringan Berkualitas untuk KTT ke-42 ASEAN

Mentri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyatakan telah menyiapkan akses telekomunikasi dan jaringan internet berkualitas untuk KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT

Ingin Data Center Indonesia Mendunia, Menkominfo: Setidaknya Level Asia Tenggara

Dirinya mengatakan telah melakukan kerja sama dengan penyelenggara layanan telekomunikasi, termasuk PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

“Kami terus menyiapkan kualitas jaringan internet yang mencukupi sebagai kebutuhan siaran selama perhelatan berlangsung, termasuk jaringan seluler maupun fixed network," kata dia, dalam rilis resminya, Rabu, 3 Mei 2023.

Kece Trevel Pass Diburu Wisatawan, All You Can Trip Hampir Ludes

Menurutnya, hal ini akan membuat bandwidth mencukupi sehingga upload dan download data bisa dilakukan dengan baik dan memadai. Kominfo dan Telkom Indonesia juga menyiapkan jaringan back-up untuk menjamin jaringan internet tetap optimal selama KTT ke-42 ASEAN.

“Sudah hampir lengkap atau sebentar lagi rampung 100 persen siap. (Jaringan Sistem Komunkasi Kabel Laut) perlu kita perhatikan betul-betul agar KTT ke-42 ASEAN berjalan lancar dan masyarakat kita mendapat manfaatnya,” jelasnya. 

Fasilitas Mewah, Komut ASABRI dan Bupati Ende Rasakan Sensasi Naik KM Dharma Kartika V

Selain pemantauan yang dilakukan dari NOC Telkom Indonesia di Manggarai Barat, pemerintah juga menyiagakan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang ada di Surabaya, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Mereka akan bertugas mengawasi spektrum frekuensi selama penyelenggaraan KTT ASEAN. Telkom juga menyiapkan pemantauan agar tidak terjadi interference spektrum frekuensi. Menkominfo berharap melalui Network Operation Center, monitoring bisa dilakukan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
img_title