60 Tim Adu Cepat Dayung Perahu Majapahit di Long Storage Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto

Semarak Hari Jadi Kabupaten Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimLomba dayung perahu Majapahit digelar di Long Strorage Kalimati, Desa Kwatu, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, 6 Mei 2023. Lomba dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke 703 dan Hari Ulang Tahun Pasmar 2 ke-22. 

Tak Jadi ke Ikfina, Golkar Alihkan Dukungan ke Gus Barra di Pilbub Mojokerto

Sebanyak 60 tim mengikuti lomba yang dihelat selama dua hari, 6-7 Mei 2023. Peserta lomba terbagi tiga kelas yakni kelas TNI/Polri 12 tim , kelas pelajar 26 tim, dan kelas umum 22 tim. 

Selain perlombaan, pada malam harinya juga digelar hiburan untuk memeriahkan acaranya. Karena disekitar lokasi terdapat pelaku UMKM dan ekonomi kreatif yang turut meramaikan. Sehingga event ini turut bisa menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Sambut Hari Jadi ke-731, Pemkab Mojokerto Tanam 1000 Pohon untuk Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan

Pembukaan lomba tersebut dihadiri oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Sekertaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Komandan Resimen Kavaleri (Danmenkav) 2 Marinir Kolonel Marinir Muhammad Rizal, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disparpora) Norman Handito. Hadir pula jajaran Forkopimcam Mojonanyar serta Kepala Desa Kwatu. 

Kepala Disparpora Norman Handito mengatakan, penyelenggaraan lomba ini dilatarbelakangi beberapa hal. Yakni, potensi venue olahraga dayung, pusat latihan dayung perahu dari para pelajar Mojokerto dibawah binaan Pasmar 2, dan  menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke 703 serta Hari Ulang Tahun Pasmar 2 ke 2. 

Puluhan Ribu Pekerja Terlindungi BPJS, Pemkab Mojokerto Diganjar Penghargaan

"Ditempat ini (Long Storage Kalimati) pasukan Pasmar 2 telah membentuk klub dayung yang mendidik siswa-siswa Mojokerto untuk dijadikan atlet dayung," katanya.

Gelaran lomba dayung perahu Majapahit merupakan kolaborasi antara  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto dengan Pasmar 2 yang bermarkas di Kesatrian Marinir Moekijat Jalan Ahmad Yani, Gedangan, Sidoarjo. Perlombaan dayung perahu dibalut dengan kebudayan Majapahit. 

Halaman Selanjutnya
img_title