Pakar Komunikasi Politik Unair Sebut Ridwan Kamil Pasangan Realistis bagi Ganjar dan Prabowo

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Jatim –Tiga nama calon presiden (capres) yang memiliki elektabilitas tinggi untuk bertarung dalam pemilihan presiden tahun depan belum ada yang dominan. Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan memiliki peluang yang sama menjadi Capres di Pilpres 2024.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Untuk itu, posisi calon wakil presiden (cawapres) sangat menentukan. Sejauh ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi figur cawapres dengan elektabilitas paling tinggi. 

Dalam rilis hasil survei terbaru, Indikator Politik Indonesia (IPI) mencatat elektabilitas pejabat yang akrab dipanggil RK itu berada di atas angka 20 persen. Sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI) mendapati elektabilitas RK sebagai cawapres menyentuh 19,5 persen. Angka itu membuat RK lebih unggul dari kandidat cawapres lainnya. 

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Menurut Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Suko Widodo, RK memang memiliki potensi.  Ia menilai, RK punya kemampuan komunikasi politik yang baik. 

”Kapasitas komunikasi politik itu jarang dimiliki kandidat lain,” kata Suko saat diwawancarai pada Jumat, 5 Mei 2023. 

Pedagang Tikar hingga Topi Ketiban Berkah Sidang Putusan Sengketa Pilpres di MK

Selain itu, dia menyebut, RK memiliki beberapa kelebihan lain. Pertama, mantan wali kota Bandung itu punya pengaruh kuat di Jawa Barat dan Jakarta. Kedua, RK sangat populer di media sosial, sehingga berpengaruh besar terhadap netizen. Ketiga, RK termasuk gubernur yang berhasil dalam tugas.

Khusus di Jawa Timur, meski belum memiliki basis massa yang besar, Suko menilai RK masih punya peluang untuk masuk dan mendongkrak suara dari beberapa sub kultur. Baik Mataraman, Arek, Pendalungan, Madura, maupun Osing. Salah satu yang dibutuhkan adalah intensitas bersentuhan dengan masyarakat Jawa Timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title