Pineapple Festival 2023, Cara Pemkab Kediri Wadahi Potensi Nanas

Kemeriahan Pineapple Festival 2023 Pemkab Kediri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Ada salah satu event tahunan di Kabupaten Kediri yang tak kalah menarik. Yaitu Pineapple Festival 2023 sempat vakum selama Covid-19 kini dilaksanakan di Rest Area Gunung Kelud (pintu tiket masuk wisata Gunung Kelud), Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar selama dua hari.

Mega Proyek Stadion hingga Revitalisasi Pasar di Kediri, Mas Dhito Ajak Warga Sukseskan Pembangunan

Pada gelaran hari pertama ini dilaksanakan aneka lomba, pameran olahan dan edukasi terkait budidaya nanas. Sementara untuk besok, Minggu, 7 Mei 2023 menjadi puncak acara yakni diselenggarakan pawai tumpeng nanas, fashion pineapple carnival, dan gerebek nanas.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo menerangkan ada beberapa poin yang ingin disampaikan oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana. Adanya Festival Nanas 2023 merepresentasikan bahwa Kabupaten Kediri memiliki potensi budidaya nanas yang cukup besar.

Dinas PUPR Kediri Sebut Progres Jembatan Jongbiru 75 Persen, Selesai di Pertengahan 2024

"Sesuai data 2022, luasan budidaya nanas Kabupaten Kediri sebesar 2.578 hektar. Tersebar dengan empat varietas yaitu queen, simplex, pasir kelud dan semut kayen," Anang Widodo diterima Viva Jatim, Senin, 8 Mei 2023.

Pria yang hadir di Festival Nanas dengan mengenakan topi dari serat nanas ini menerangkan fokus Pemkab Kediri pada hilirisasi dan industrialisasi nanas. Arahan Mas Dhito, sapaan Bupati Kediri, hal itu supaya Nanas Kabupaten Kediri selain dijual berupa buah, juga dioptimalkan dalam bentuk produk turunan olahan nanas.

Pemkab Kediri: Akses Jalan Menuju Bandara Dhoho Kediri Siap Dilalui

"Sehingga mampu memberikan nilai tambah untuk warga masyarakat dari segi ekonomi," jelasnya.

Anang berharap, kegiatan ini selain bisa menghibur, sekaligus menggali kreatifitas potensi khususnya produk varian nanas. Melalui pameran yang digelar hari ini, akan tumbuh kreatifitas hasil olahan dan muncul potensi baru terkait produk turunan buah nanas.

Halaman Selanjutnya
img_title