Pengakuan Pilu Pria Mojokerto Nekat Jual Ginjal Demi Lunasi Utang

Ipang Parta Murdiani, Pemuda Asal Mojokerto yang Nekat Jual Ginjalnya
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimIpang Parta Murdiani (33), Warga Desa Banjaragung , Kecamatan Puri, Mojokerto Mojokerto ini nekat menjual ginjal gegara terjerat hutang di Kelompok Simpan Pinjam (KSP) dan ditipu orang. Ia terpaksa menawarkan ginjalnya demi melunasi hutang serta mencukupi kebutuhan anak dan istrinya.

5 Fakta Memilukan Buruh Pabrik di Mojokerto yang Tega Menjajakan Istri

Ipang menceritakan, persoalan ekonomi sulit mulai ia rasakan pada saat Pandemi Covid-19 tahun 2020. Kala itu, Ipang bekerja di pabrik sepatu yang berada di Lingkungan Miji Baru, Kota Mojokerto. Karena kondisi Pandemi Covid-19, Ipang dirumahkan oleh pihak pabrik.

Dia tidak siap dengan kondisi tanpa pekerjaan. Sementara kebutuhan ekonomi keluarga terus berjalan. "Cari kerja di pabrik tapi tidak ada," katanya saat ditemui wartawan di sebuah warung kopi di Lingkungan Kuwung, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Sabtu, 13 Mei 2023.

Kompak, Polisi-TNI Sinergi Bantu Warga Kota Mojokerto Terdampak Banjir 

Dari situlah ia kemudian pontang-panting mencari sumber penghasilan. Uang tabungan untuk menyambung hidup selama 3 bulan pun mulai menyusut. Hingga suatu ketika, istri mengambil pinjaman uang senilai Rp 3 juta di KSP yang berada di Desanya. Angsurannya Rp 75 ribu satu minggu sekali dengan jangka waktu setahun.

Apalah daya, Ipang tidak mempunyai cukup modal untuk berdagang. Ia terpaksa harus menjual dagangan orang lain  dengan sistem pembagian 30-70 persen. Yakni jualan krupuk, cilok, dan es cincau. Ipang sendiri kebagian 30 persen dari jualan setiap harinya.

Ribuan Warga di 4 Kelurahan Kota Mojokerto Terdampak Banjir

Namun, hasil berdagang itu tidak cukup untuk melunasi hutang. Uang yang didapag hanya cukup buat makan sehari-hari saja.

"Sehari dapat Rp 20-30 ribu, kadang tidak dapat sama sekali. Pokoknya hanya bisa buat makan. Ya mau bagaimana lagi, tidak ada yang bisa dimintai pertolongan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title