Cara Kreatif Kiai Muda Jatim Tingkatkan Ekonomi Warga Trenggalek Melalui Pelatihan Nata De Coco

Pelatihan Nata De Coco Kiai Muda Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Relawan Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) menggelar Pelatihan Pembuatan Nata De Coco di Pondok Pesantren Lil Muttaqin, Kecamatan Pagolan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 14 Mei 2023 .

Melihat Eksotisme Pantai Mutiara hingga Ekspor Tangkapan Ikan Tuna

Relawan pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan Kelompok Pengembang Bioselulosa (KPB) untuk mengajak puluhan Kiai Musala, majelis taklim, dan santri memanfaatkan bahan baku nata de coco untuk diolah menjadi bahan baku yang dapat dikonsumsi.

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai sebuah solusi atas persoalan ekonomi yang dihadapi oleh kebanyakan masyarakat di wilayah tersebut.

Pemkab Trenggalek Launching PEKKA TALI, Pelayanan Buat Akta Kelahiran Cepat

"Kami banyak mendengar keluhan warga Trenggalek di mana posisi mereka berada di ambang garis kemiskinan. Tentu, hal ini akan bermanfaat untuk bisa menambah nilai ekonomi, terutama untuk beberapa majelis taklim dan kiyai yang selama ini memiliki kesulitan ekonomi atau pun menghidupi dapurnya," kata Gus Ali. 

Ali menjabarkan, proses pembuatan nata de coco relatif sangat terjangkau dan mudah ditemui oleh masyarakat setempat. Dengan demikian, Ali berharap masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut tertarik untuk berkecimpung dalam unit usaha tersebut.

Ledakan Tabung Gas Sebabkan 4 Luka-luka di Trenggalek

"Karena bahan yang diperlukan juga sangat mudah, dari limbah beras, ketela pohon atau singkong dan juga dari limbah air kelapa. Semoga ini bisa memberikan gambaran kepada mereka untuk terjun dalam usaha pembuatan nata de coco ini," lanjut Ali.

Kiai Muda Jatim berkomitmen untuk melakukan pendampingan produk tersebut hingga masyarakat Trenggalek bisa menjalankan usaha tersebut secara mandiri dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
img_title