Genteng PPI Pantai Sine Tulungagung Runtuh gegara Kerangka Keropos

Kondisi PPI Pantai Sine Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Kondisi Pangkal Pendaratan Ikan (PPI) Pantai Sine yang terletak di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung cukup membahayakan. Pasalnya, atap genteng bangunan besar tersebut runtuh gegara kerangka penyangga keropos.

Sering Picu Kecelakaan, Polisi Bakal Kaji Ulang Pembatas Jalan Depan SPN di Mojokerto

Hal tersebut dibenarkan oleh warga sekitar sekaligus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tulungagung, Jaiman. Ia mengungkapkan, genteng PPPI yang runtuh ini sebenarnya bukan terkena angin, namun diakibatkan rangka bangunan yang sudah keropos.

"Jadi bangunan PPI ini, semua kerangkanya terbuat dari besi seperti itu. (Atap) PPI sudah rusak, operatornya juga rusak, tetapi alhamdulillah ini sudah ada perhatian dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur," ungkap Jaiman saat dikonfirmasi Rabu, 24 Mei 2023.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Menurut pengalamannya, sebagai seorang masyarakat pesisir, Jaiman menyebut bahwa bangunan-bangunan yang ada di daerahnya sebagian besar bukan terbuat dari besi. Akan tetapi, bangunan masyarakat pesisir ini menggunakan kayu karena lebih tahan lama daripada besi.

Lokasi PPI Pantai Sine ini jarak dari pusat Tulungagung sekitar kurang lebih 35 km kearah selatan ini sudah dibangun, tetapi bertahap pembangunannya. Saat ini pembangunan yang sudah dikerjakan adalah pintu masuk ke area PPI.

Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Tewas

Perihal kejadian runtuhnya genteng, Jaiman mengungkapkan sudah beberapa hari yang lalu terjadi. Saat kejadian, beruntung di lokasi tidak ada orang yang lalu lalang dan dalam keadaan kosong.

"Semua pengunjung pantai diimbau agar tidak berteduh di dalam area PPI. Karena kondisi membahayakan dan itu tidak digunakan dalam keadaan kosong bangunan itu," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title