Macam-macam Barang Jemaah Haji Disita Petugas di Asrama Haji Surabaya, di Antaranya Durian

Durian yang dibawa Jemaah Haji
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

JatimAsrama Haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 9 kloter dengan rincian 3.970 jemaah haji dan 45 petugas Jum'at, 26 Mei 2023.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Dalam proses pemberangkatan Jemaah haji ini, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengatakan petugas Asrama Haji Embarkasi Surabaya tidak menyita barang-barang bagasi milik jemaah Haji kecuali jemaah haji yang diketahui membawa durian

"Tadi ada yang kedapatan membawa power bank di dalam tas bagasi. Tidak kita sita, langsung kita kembalikan kepada pemiliknya karena power bank tidak boleh dibawa dalam tas bagasi melainkan diperkenankan dibawa dalam tas tenteng dengan kapasitas maksimal 20.000 mAH, " terang nya. 

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Hanya saja, lanjut Maram, petugas berhasil mengamankan buah durian milik Jemaah haji. Durian ini ditemukan oleh petugas pada proses Penerimaan kloter 7 Kamis malam. 

"Tidak ada undang-undang penerbangan yang melarang penumpang pesawat membawa durian, " tutur Maram. 

Harus Jeli, Ini 4 Tips Memilih Durian Agar Dapat Buah yang Terbaik

Menurutnya, hanya saja ketika pesawat terbang di udara, kemungkinan penyebaran bau durian ke penumpang-penumpang lebih besar karena perbedaan tekanan udara di darat dan di udara. 

"Dikhawatirkan banyak penumpang yang tidak tahan bau durian akan mengalami mual atau muntah yang dapat menyebabkan kericuhan di dalam pesawat. Menghindari hal tersebut tentu lebih baik kita antisipasi sejak pemeriksaan bagasi," tuturnya 

Halaman Selanjutnya
img_title