Ketua DPD RI Sorot Pengawasan Keruk Pasir Laut

Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimKetua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuka kran pengerukan pasir laut. Ia mengatakan jika pengerukan pasir laut ini tidak sesuai dengan tujuan awal penerbitan beleid dalam bentuk Peraturan Pemerintah. 

Open House di Istana Negara, Potret Busana Iriana Jokowi Curi Perhatian

Menurutnya, jika tujuannya untuk mengurangi sedimentasi laut, maka di lapangan harus konsisten sesuai tujuan itu. Ia mengingatkan agar tidak ada penyimpangan di lapangan akibat main mata antara kementerian ESDM dan aparat terkait dengan pelaku usaha. 

“Karena bunyi PP Nomor 26 Tahun 2023 jelas menyebut tentang pengelolaan hasil sedimentasi laut. Jadi titik pengerukan hanya di lokasi-lokasi yang memang terjadi sedimentasi laut. Jadi seharusnya prioritas di alur keluar masuk pelabuhan dan jalur docking kapal,” kata LaNyalla, Senin 29 Mei 2023. 

Jokowi Dikabarkan Maju Calon Ketum Partai Golkar, Apakah Benar?

Masih kata LaNyalla, di dalam beleid tersebut juga dituliskan dengan jelas, bahwa prioritas untuk kapal isap yang berbendera Indonesia. Dan hasil pasirnya diutamakan untuk pendukung pembangunan di dalam negeri. Bukan untuk prioritas ekspor, meskipun dimungkinkan. Tapi prioritas untuk dalam negeri. Sehingga pengawasan dan sanksi atas penyimpangan di lapangan sangat penting. 

Senator asal Jawa Timur itu juga ingatkan agar PP tersebut tidak jadi pintu masuk untuk mengekploitasi pasir laut dalam negeri secara membabi-buta. Maka dari itu, LaNyalla menyarankan agar pemerintah membuat peta herja sebagai tindak lanjut dari PP Nomor 26 Tahun 2023 tersebut. 

Presiden Jokowi Tegaskan Harga BBM Tidak Naik

“Mana yang boleh, mana yang tidak. Apalagi kita menghadapi tren perubahan iklim. Jangan sampai menambah potensi untuk itu dengan rusaknya biota laut,” tandasnya.  

LaNyalla meminta pemerintah juga mendengarkan masukan dari para pegiat lingkungan, seperti Walhi dan lain-lain sebagai bahan masukan yang positif. Sehingga pelaksanaan di lapangan dapat meminimalisir kerusakan lingkungan. Sehingga tetap pada tujuan untuk pengerukan sedimentasi laut

Halaman Selanjutnya
img_title