Usai Upacara Harlah Pancasila, PDIP Jatim Santuni Puluhan Anak Yatim Piatu

PDIP Jatim mengundang puluhan yatim tasyakuran Harlah Pancasila
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur memperingati Hari Lahir Pancasila dengan cara berbeda. Selain upacara bendera, PDIP Jatim juga mengundang puluhan anak yatim tasyakuran tumpengan di Kantor DPD Jatim di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Kamis 1 Juni 2023.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Selain diajak makan bersama, puluhan anak yatim itu juga memperoleh santunan dari pengurus DPD Jatim.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Eddy Paripurna mengatakan, pihaknya mengundang anak-anak yatim piatu sekitar kantor DPD bertujuan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada mereka sejak dini. 

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

"Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, diharapkan bisa menjadi pondasi kokoh bagi anak-anak, termasuk anak yatim piatu, agar tak gampang terpengaruh ideologi yang bisa memecah belah persatuan bangsa," jelas Eddy Paripurna.

Eddy menjelaskan, ada lima komponen kehidupan dasar berbangsa dan bernegara. Sebagai konsesi anak bangsa mesti dijaga dan diaplikasikan dalam keseharian. “Bertoleransi dalam hal beragama, harus terus dijalankan bersama-sama sebagai perwujudan sila pertama," kata Eddy. 

Raih 9 Kursi di Pileg, PDIP Gresik Sodorkan 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD

Kemudian peduli dengan sesama, menjaga persatuan, serta berdemokrasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.  Pada sila kelima, keadilan  sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bagaimana harus bersama-mewujudkannya. Terutama kepada kader partai yang bertugas di eksekutif dan legislatif harus mewujudkannya melalui kebijakan. 

"Pembangunan hingga pulau-pulau terluar di negeri ini, tidak lagi Jawa sentris, sebagai upaya pemerintahan Jokowi mewujudkan keadilan sosial tersebut," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title