Tetap Waspada, Berikut Tips Saat Melintas di Jalur Tengkorak Pacet Mojokerto

Jalur Pacet-Cangar banyak sebabkan kecelakaan
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimJalur Pacet-Cangar masuk Desa Kecamatan Pacet, Mojokerto masuk salah salah satu black spot atau jalur tengkorak di Mojokerto. Pasalnya, intensitas kecelakaan cukup tinggi kecelakaan. 

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Jalur yang curam dan panjang, kerap menyebabkan kendaraan yang melintasi kawasan mengalami rem blong. Wisatawan luar daerah yang kurang mengusai medan juga sering menjadi korban, mulai terluka hingga meninggal dunia. 

Anggota Relawan Wilarang Community Made Zakaria mengatakan, kecelakaan yang terjadi mayoritas menimpa kendaran jenis matic. "Kalau motor manual minim, yang sering matic," kataya kepada Viva Jatim, Kamis, 1 Juni 2023. 

Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Surabaya-Mojokerto, Bayi Usia 7 Bulan jadi Korban

Sebaiknya, pengendara yang hendak melintasi jalur Pacet-Cangar agar memperhatikan struktur landasan, tikungan, tanjakan, dan turunan. Sebab, jalur turunan ekstrem Pacet-Cangar ini memiliki panjang sekitar 6-7 Kilometer sehingga pengendara wajib ekstra hati-hati. 

"Faktor jalan raya turunan tanjam dan panjang mengakibatkan kampas rem panas. Kalau memang kampes rem panas pengandara rawan mengalami rem blong," terangnya. 

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

Zakaria mengimbau para pengendara mempersiapkan diri. Ia juga mengingatkan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Pasalnya, Kondisi kendaraan yang lama terabaikan berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Kemudian, kenali lingkungan jalan dan jangan abai pada jalanan yang dikira sudah dikenal karena akan membantu pengemudi melewati jalur tengkorak.

Halaman Selanjutnya
img_title