Kenakan Ihram, Jemaah Haji Gelombang II Embarkasi Surabaya Diberangkatkan

Jemaah Haji gelombang II Embarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Jemaah haji gelombang II Embarkasi Surabaya diberangkatkan hari ini, Kamis, 8 Juni 2023. Mereka tampak mengenakan kain ihram dari Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram menjelaskan bahwa gelombang II ini terdapat 3 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan hari ini. Yakni kloter 37 pada pukul 02.00 WIB dini hari, kloter 38 pukul 04.45 WIB dan kloter 39 berangkat pukul 05.45 WIB. 

Nantinya, para jemaah haji gelombang II akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Makkah dan menunaikan ibadah umrah wajib. 

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

“Kami menghimbau jemaah haji seluruhnya, sejak keluar kamar di Embarkasi Surabaya ini sudah memakai baju ihram. Untuk niat ihramnya bisa di Yalamlam atau Bandara King Abdul Aziz Jeddah saat berada di bus," terang Maram.

Maram menambahkan, himbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada jemaah haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar. 

Ada 3 Kasus Kekerasan Santri di Jatim di Awal Tahun 2024

"Bila jemaah haji tidak memakai baju ihram dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi penumpukan jemaah di bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan," sambungnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur ini mengungkapkan ada 39 kloter yang sudah diberangkatkan ke tanah suci dengan rincian 17.088 jemaah dan 195 petugas sehingga total yang sudah diberangkatkan ada 17.283 orang (47%).

Halaman Selanjutnya
img_title