Jamaah Haji Gelombang II Mulai Diberangkatkan Embarkasi Surabaya

Pemberangkatan Jamaah Haji gelombang II
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

JatimJamaah haji gelombang II mulai diberangkatkan Embarkasi Surabaya, Kamis 8 Juni 2023, setelah gelombang pertama selesai diberangkatkan.

Fase Pemulangan Tuntas, 171 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat

"Ada 3 kloter pertama dari gelombang II yang diberangkatkan hari ini yaitu kloter 37 pada pukul 02.00 WIB dini hari tadi, kloter 38 pada pukul 04.45 WIB, dan baru saja saya berangkatkan pukul 05.45 WIB kloter 39,” terang Maram. 

Karena sudah pemberangkatan gelombang II, jemaah haji tampak sudah memakai baju ihram dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya. 

1 Anggota Jemaah Haji Asal Probolinggo Hilang di Makkah, Begini Ceritanya

Para jemaah haji gelombang II akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah dan melanjutkan perjalanan ke Makkah dan menunaikan ibadah umrah wajib

“Kami menghimbau jemaah haji seluruhnya, sejak keluar kamar di Embarkasi Surabaya ini sudah memakai baju ihram. Untuk niat ihramnya bisa di Yalamlam atau Bandara King Abdul Aziz Jeddah saat berada di bus," terang Maram. 

Kepulangan Jemaah Haji Alami Keterlambatan, Pihak Maskapai Tanggung Jawab

Maram menambahkan, himbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada jemaah haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar. "Bila jemaah haji tidak memakai baju ihram dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi penumpukan jemaah di bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan," sambungnya. 

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur ini mengungkapkan ada 39 kloter yang sudah diberangkatkan ke tanah suci dengan rincian 17.088 jemaah dan 195 petugas sehingga total yang sudah diberangkatkan ada 17.283 orang (47%). 

Halaman Selanjutnya
img_title