Kisah Inspiratif AKP Suyono Amankan Pulau Terluar, Sewa Kapal Nelayan hingga Tempuh 16 Mill

Suasana pengamanan pulau terluar Trenggalek oleh tim gabungan
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

JatimPengamanan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi sebuah kewajiban bagi TNI/Polri. Dibalik tugas mulia itu, ternyata ada beragam cerita suka-duka selama bertugas di lapangan. Salah satunya, harus menempuh belasan mill untuk mengamankan pulau terluar dengan menggunakan perahu seadanya. 

Seru-seruan Nobar Indonesia Vs Irak di Gelora 10 November Surabaya Nanti Malam

Cerita tersebut dialami oleh Ajun Komisaris Polisi, Suyono SH MHum yang saat itu masih menjabat di Polsek Watulimo di 2021-2023. Dirinya bersama tim gabungan yang berasal dari Polisi Air (Polair), TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Satpol PP, hingga Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) melakukan pengecekan bersama di pulau terluar.

"Watulimo ini memiliki garis pantai yang cukup panjang di wilayah Trenggalek dan istimewanya memiliki 2 pulau terluar di antaranya adalah Pulau Sekel dan pulau Panehan perlu kita amankan," ujar AKP Suyono, Sabtu, 10 Juni 2023.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Wajah teduh polisi yang pernah mendapat penghargaan personel berprestasi dan teladan, saat menjabat Kasatbinmas selama 5 tahun ini mengaku cukup memiliki kesan tersendiri. Lantaran, melaksanakan patroli gabungan ke pulau terluar dalam rangka mengantisipasi kejadian kejadian ataupun kejahatan yang terjadi di wilayah perairan Trenggalek, khususnya Kecamatan Watulimo menjadi tantangan dalam pengabdiannya.

Mengutip Wikipedia bahwa Pulau Sekel atau Pulau Ngekel merupakan salah satu pulau terluar Indonesia terletak di Samudra Hindia langsung berbatasan dengan negara Australia. Secara administratif masuk Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pulau kecil ini memiliki luas 0,01 km² terletak paling selatan lepas pantai Pulau Jawa.

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Pulau Sekel berada di 08°24'9" LS - 111°42'41 Bujur Timur. Sedangkan Pulau Panehan berada di 08°24'9" LS - 111°42'41 Bujur Timur. Jarak kedua pulau tersebut jika ditambahkan sejauh belasan mill dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi.

"Jarak tempuh ke Pulau Sekel itu dari Prigi kurang lebih 4 mil sedangkan Pulau Panehan itu kurang lebih 12 mil," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title