Meriahnya Parade Musik Tong-tong di Sumenep, Disaksikan Puluhan Ribu Warga

Parade Musik Tong-tong di Sumenep
Sumber :
  • Nur Faishal/ VIva Jatim

JatimPuluhan ribu warga Sumenep terlihat tumpah ruah menyaksikan parade musik tong-tong yang berlangsung pada Sabtu malam, 10 Juni 2023. 

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

Antusias mereka terlihat dengan setia berdiri berjejer di sepanjang jalan depan Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sumenep hingga ke lapangan Giling yang merupakan lokasi akhir acara. 

Diketahui, Parade Musik Tong-tong itu dilepas oleh Bupati Fauzi dari Rumah Dinas sekira pukul 19.00 WIB. Ada enam grup musik Tong-tong berjalan sambil menyanyikan lagu tradisional, yakni, Lanceng Kermata, Gong Mania, Putra Sindingpuri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Warga yang menyaksikan pun terlihat terbawa suasana. Sebagaian ikut berjoget, menikmati merduanya alunan musik tong-tong. Suasana begitu meriah

Bupati Fauzi mengatakan, musik tong-tong merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Sumenep. Ia sengaja memilih musik tong-tong sebagai salah satu rangkaian acara meramaikan Bulan Bung Karno pada Juni 2023 di Kabupaten Sumenep.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

“Kami berkomitmen untuk melestarikan budaya tradisonal. Musik tong-tong ini merupakan kebanggan warga dan harus dilestarikan sampai generasi mendatang,” katamya.

Menurut dia, kagiatan ini dapat mengangkat dan mengenalkan potensi kekayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Sumenep, baik dari budaya, kesenian, wisata, kuliner, atau kekayaan alamnya.

Halaman Selanjutnya
img_title