Hasil Autopsi Mayat Siswi SMP di Mojokerto: Ada Bekas Kekerasan Benda Tumpul di Leher dan Lengan

Ahli forensik RS Bhayangkara Polda Jatim dr Mustika
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim –Tim Dokpol Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim telah melakukan autopsi terhadap jenazah AE (15), siswi SMP yang ditemukan tewas terbungkus karung di parit bawah jembatan kereta api Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Mojokerto.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Pemeriksaan berlangsung di kamar jenazah RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto pada Selasa, 13 Juni 2023. Hasil sementara, tim dokter forensik menemukan luka akibat kekerasan kekerasan dari benda tumpul di leher bagian kiri depan korban. Dugaan mengarah bahwa korban meninggal akibat dicekik. 

”Kesimpulan sementara korban meninggal karena kekerasan di bagian leher kiri depan. Bisa jadi seperti itu (dicekik) Seusai dari luka-lukanya, menyerupai luka yang disebabkan dari tangan,” kata ahli forensik RS Bhayangkara Polda Jatim dr Mustika Chasanatusy Syarifah selepas autopsi kepada wartawan. 

Kawal Aksi May Day di Surabaya, Polda Jatim Terjunkan 1.758 Personel

Namun, ia belum dapat memastikan seratus persen apakah korban dibunuh oleh dua pelaku yang sudah ditangkap Polres Mojokerto Kota. Pasalnya, turut ditemukan pula luka di bagian lengan kanan korban.

"Kami temukan tanda kekekerasan pada bagian leher kanan akibat benda  tumpul," tandasnya. 

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan U-23 di Polda Jatim, ada Dangdutan Hingga Banjir Doorprize

Selain mencari penyebab kematian, proses autopsi juga dilakukan dengan menguji DNA kedua orang tuanya. Antok Utomo, Ayah korban yang mengawal jenazah di RSUD langsung diminta menjalani uji sampel DNA oleh tim dokter RS Bhayangkara. Uji sampel ini untuk memastikan jika korban benar-benar AE yang hilang sejak 15 Mei lalu.

”Tujuannya untuk mencocokkan identitas korban karena wajahnya sudah tidak bisa dikenali. Tubuhnya juga tinggal tulang yang masih tersisa. Untuk memastikan secara ilmiah, butuh tes DNA,” tambah Mustika. 

Halaman Selanjutnya
img_title