Relawan Ganjar Bekali Warga Cara Olah Ikan, Upaya Tingkatkan Penghasilan

Praktik olah ikan bandeng
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JatimRelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam komunitas Kiai Kuda Jawa Timur menggelar pelatihan cara mengolah ikan. Kegiatan dilakukan guna meningkatkan penghasilan warga di Desa Banjaragung, Puri, Mojokerto, Kamis, 15 Juni 2023. 

Ganjar Usul Hak Angket Pilpres, Ketua Golkar Jatim Sebut Salah Alamat

Kiai Muda Jawa Timur ini mengadakan pelatihan praktik pembuatan olahan otak-otak dari ikan bandeng kepada ibu rumah tangga di Desa Banjaragung.

Koordinator Wilayah Kiyai Muda Jawa Timur Gus Ali Baidlowi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan potensi perikanan Sungai Brantas yang melintasi Kabupaten Mojokerto.

Nusron Wahid Komentari Usulan Ganjar tentang Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu

"Hari ini kami membuat workshop pada masyarakat Mojokerto, bagaimana mereka memanfaatkan ikan air tawar dari budi daya atau tangkapan dari Kali Brantas karena Mojokerto sendiri adalah aliran air sungai Brantas atau hilir sungai, sangat banyak sekali ikan mulai dari belut, ikan bandeng dan sebagainya," ujar Gus Ali di lokasi, Kamis, 15 Juni 2023. 

Gus Ali menambahkan, sukarelawan Kiyai Muda Jawa Timur mendorong warga desa untuk memiliki penghasilan tambahan melalui pelatihan pembuatan olahan ikan air tawar, khususnya ikan bandeng untuk menjadi produk jualan.

Ganjar Pranowo Mendadak Semangati Kader PDIP Jatim

Dia mencontohkan otak-otak ikan bandeng yang berpotensi untuk menjadi produk kebanggaan warga desa. Dengan adanya pelatihan pembuatan olahan itu, diharapkan masyarakat juga dapat berkontribusi untuk memberikan pemasukan daerah.

"Bagaimana mereka membuat nilai tambah dari hasil tambah dari hasil perikanan air tawar, menjadi sebuah olahan. Kebetulan mereka menginginkan adanya pelatihan atau pemanfaatan untuk menjadi olahan bernilai tinggi," jelas Gus Ali.

Halaman Selanjutnya
img_title