Gak Bisa Tidur Akibat Paslonnya Kalah, Waspada Tanda Stres Pasacapemilu

Ilustrasi Stress
Sumber :
  • ceritakita.viva.om

Surabaya, VIVA Jatim –Hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu, namun banyak orang masih gugup menanti putusan akhir dari KPU soal siapa pasangan calon yang akan menjabat sebagai Presiden RI ke depannya. 

Benarkah Hubungan Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah hanya Settingan Pemilu?

Hasil quick count sendiri menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran mengungguli dua pasangan calon lainnya. Sehingga banyak pendukung Paslon 02 yang sudah bersuka ria. Di sisi lain, pendukung Paslon 01 dan 03 justru harus bersiap menerima kekalahan jika pasangan andalannnya tidak berhasil menyaingi suara Paslon 02.

Kondisi yang mendebarkan ini membuat perhatian banyak orang berfokus pada alasan mengapa Paslon 02 bisa unggul dari yang lainnya. Pendukung yang tidak terima pun mulai menimbulkan berita-berita hoaks hingga mencurigai adanya kekurangan. Alhasil, banyak orang yang bertambah beban pikirannya hingga membuat sulit tidur dan tidak nafsu makan.

Gelar Tadarus Politik Milenial, Begini Jawaban Gus Sadad saat Ditanya Politik Transaksional

Dua kondisi itu biasanya dialami oleh orang yang sedang stres. Siapa sangka, bukan hanya Paslon yang kalah saja yang bisa mengalami stres karena sudah banyak usaha hingga mengeluarkan modal untuk kampanye, tetapi para pendukungnya pun rentan mengalami stres pascapemilu.

"Semua berisiko baik yang mencalonkan anggota partai atau pendukung setia. Jadi tidak pasti bahwa Capres karena biaya lebih besar jadi lebih stres. Faktornya adalah bagaimana ketahanan mental seseorang. Ada yang kepribadiannya dia tangguh dan rentan," terang dr. Ashwin Kandouw, Sp.KJ, Ahli Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah, dikutip dari VIVA pada Minggu, 18 Februari 2024.

Pastikan Penghitungan Suara Berjalan Lancar, Kapolres Sambangi 3 PPK di Gresik

"Gejalanya mulai dari susah tidur sampai tidak nafsu makan karena adanya beban pikiran," tambahnya.

Dalam setiap pemilihan, pasti ada pasangan calon Presiden dan wakilnya yang menang dan kalah, mengingat tidak bisa semua dari mereka menjadi pemimpin Indonesia sekaligus. Oleh sebab itu, para pendukung mesti menyadarinya sejak awal bahwa mereka juga harus siap menerima kekalahan apabila Paslon andalannya tidak mendapatkan suara yang banyak.

Halaman Selanjutnya
img_title