Mencegah Pencemaran Air Bersih akibat Ulah Tangan Manusia

Demokrat Gresik Sumbang Air Bersih
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketersediaan air bersih sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup manusia di muka bumi. Selain untuk kebutuhan konsumsi, air juga menjadi sumber kehidupan di sektor pertanian hingga industri. Namun demikian ketersediaan air bersih kini mulai terancam akibat ulah tangan manusia.

Temui Petani di Lamongan, Mentan Dicurhati Gabah Murah Hingga Pupuk Langka

Sejauh ini, peningkatan aktivitas manusia telah mengakibatkan aneka zat berbahaya tercampur dalam air dan membuat air tercemar. Pencemaran air merupakan salah satu tantangan serius yang dihadapi oleh lingkungan.

Dikutip dari VIVA, Jumat, 16 Februari 2024, dengan cepatnya pertumbuhan industri, urbanisasi, dan aktivitas manusia lainnya, kualitas air di berbagai sumber daya air mengalami penurunan yang signifikan.

Agroforestri Sukorejo Komitmen Bersama Pulihkan Lahan Guna Tingkatkan Perekonomian

Hal ini dapat dipicu dari pembuangan limbah industri yang tidak diolah dengan baik dapat mengandung zat berbahaya, serta penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan, dan juga pembuangan sampah dan limbah rumah tangga yang tidak terkelola dengan baik.

Sehingga hal ini dapat menyebabkan Pencemaran air dapat membahayakan kesehatan manusia melalui kontaminasi zat-zat kimia berbahaya seperti logam berat, pestisida, dan bahan kimia industri. Dengan demikian limbah tersebut dapat merusak pula ekosistem air.

PT NPK Bagikan 5 Jenis Pupuk Non Subsidi Unggulan ke Petani Lamongan

Pencemaran air dapat mengurangi ketersediaan air bersih untuk konsumsi manusia dan keperluan pertanian, sehingga menciptakan masalah kekurangan air. Bukan hanya itu, kehidupan akuatik, termasuk ikan, tumbuhan air, dan mikroorganisme, dapat terpengaruh secara negatif oleh bahan kimia dan sampah yang masuk ke dalam air.

Berbagai solusi bisa diterapkan untuk hal ini, seperti peningkatan pengelolaan limbah industri dan penegakan regulasi ketat dapat mengurangi pencemaran air dari sumber industri. 

Halaman Selanjutnya
img_title