4 Langkah Efektif Atasi Stres Karyawan, Nomor 3 dan 4 Kerap Diabaikan

Director BPA Insurance Broker, Dede Hikmat Adhari.
Sumber :
  • Dokumen pribadi Dede Hikmat Adhari

Jakarta, VIVA Jatim – Laporan bertajuk Workplace Health Report 2024 yang dirilis oleh platform yang fokus pada isu kesejahteraan karyawan, Champion Health, menyebutkan, sebanyak 79 persen karyawan mengalami stres di tempat kerja. 

How and Why Outsourcing, Buku Rujukan Penting soal Tenaga Kontrak

Beban kerja yang berlebihan di kantor menjadi faktor terbesar penyebab stres pada karyawan. Selain itu, ruang gerak yang dibatasi dan minimnya dukungan dari rekan kerja juga menjadi penyebab utama timbulnya stres. 

Dari sisi eksternal, faktor penyebab timbulnya stres pada karyawan adalah isu finansial (41 persen), relationship (34 persen), dan parenting (27 persen). 

Pria di Surabaya 6 Bulan Hidup Sebatang Kara Tewas Gantung Diri

“Hal ini kian menegaskan, memastikan karyawan merasa dihargai dan didukung adalah langkah krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis," ujar Dede Hikmat Adhari selaku Employee Benefit Director PT Barron Pandu Abadi (BPA Insurance Broker) di Jakarta, Rabu, 17 Juli 2024.

Dia menambahkan, menciptakan lingkungan kerja yang positif adalah sebuah keharusan bagi perusahaan. Sebab, kata Dede, lingkungan kerja positif tidak hanya dapat mengurangi tingkat stres, namun juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan.

Perusahaan Logistik di Surabaya Ini Kantongi Sertifikat Halal dari Kemenag, Wajibkah?

Dede lantas mengidentifikasi 4 langkah penting yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempersiapkan lingkungan kerja yang baik bagi karyawan:

1. Memastikan Karyawan Bekerja sesuai Keahlian dan Minat

Halaman Selanjutnya
img_title