Pemilu 2024, Disabilitas di Tulungagung Keluhkan Masih Kerap Diremehkan Saat Mencoblos

Ketua Percatu Tulungagung, Didik Prayitno
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Perhelatan pesta demokrasi lima tahunan disambut antusias oleh semua kalangan. Kendati demikian, Persatuan Cacat Tubuh (Percatu) Kabupaten Tulungagung menyayangkan perihal tingkat partisipasi dan jemput bola petugas penyelenggara Pemilu acapkali masih diremehkan.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Ketua Percatu Kabupaten Tulungagung, Didik Prayitno Kulmanadi menjelaskan petugas mulai dari kabupaten sampai desa hendaknya harus ramah disabilitas. Termasuk pada tingkatan PPS juga diharapkan ramah memperlakukan sahabat disabilitas dan sebagainya. Sebab, memberikan pelayanan kepada disabilitas tidak mudah seperti memberi pelayanan lainnya.

"Kadang masih diremehkan. Kadang itu petugas sendiri, dia cacat eh kenapa tidak usah milih tidak apa-apa. Jangan sampai ada diskriminasi," ungkap Didik Prayitno Kulmanadi saat ditemui Viva Jatim pada Kamis, 22 Juni 2023.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Menurutnya, kondisi sahabat disabilitas antara satu dengan sahabat yang lain berbeda. Mulai dari sahabat disabilitas baksa penanganannya berbeda dengan disabilitas tunarungu. Pun demikian, sahabat disabilitas tuna rungu berbeda dengan tuna daksa.

Oleh sebab itu, Kelahiran Klaten 1964 ini berharap agar Pemilu 2024 ada peningkatan pemilih penyandang disabilitas. Sebab berkaca di Pemilu 2019, Didik melihat banyak yang tidak menyalurkan haknya untuk memilihi pemimpin.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Ia mencatat, dari total 19 kecamatan, hanya ada 2 Kecamatan memiliki tingkat partisipasi bagus. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Boyolangu dan Sendang.  Selain di kecamatan tersebut tingkat partisipasi relatif kecil sekali.

"Kami mengharapkan perhatian yang sangat dari petugas. Katakanlah petugas PPS itu juga harus jemput bola. Bagaimana memberikan sosialisasi terhadap keluarga tidak hanya sosialisasi sahabat disabilitas," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title