Korea Utara Lakukan Unjuk Rasa Tuntut Perang Balas Dendam dengan Amerika Serikat

Korea gelar unjuk rasa massal tuntut balas dendam ke AS
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Saat negara itu memperingati 73 tahun pecahnya Perang Korea, Korea Utara mengadakan aksi unjuk rasa massal di Pyongyang. 

Dianggap Membahayakan, Ratusan Warga di Lamongan Demo Minta Tower BTS Dibongkar

Dalam aksi unjuk rasaya tersebut mengutuk "imperialisme" Amerika Serikat dan menjanjikan "perang balas dendam". 

Dikutip dari VIVA, Senin, 26 Juni 2023, sekitar 120.000 anak muda dan pekerja ikut serta dalam aksi unjuk rasa, yang diadakan di seluruh ibu kota, dikutip dari kantor berita negara KCNA, Senin, 26 Juni 2023. Sekretaris Partai Buruh Korea yang berkuasa juga turut hadir.

Menang Tipis, Timnas Indonesia U-24 Takluk 0-1 Lawan Korea Utara

Dilihat dari foto-foto yang beredar, nampak orang bersesakan di stadion. Ada yang mengenakan baju kemeja putih, beberapa berbaris dengan tangan terkepal ke udara. Sementara, beberapa memegang plakat bertuliskan: "Seluruh daratan AS berada dalam jangkauan tembak kami" dan "Imperialis AS adalah perusak perdamaian".

Perang Korea dimulai pada 25 Juni 1950, ketika Korea Utara menginvasi Korea Selatan dalam upaya untuk menyatukan kembali Semenanjung Korea di bawah Pyongyang. Invasi tersebut menyebabkan perang terjadi selama tiga tahun, mengadu pasukan utara yang didukung Soviet dan China melawan pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan pimpinan AS, yang menewaskan sekitar 2 juta orang. 

Indra Sjafri Sebut Pemain Indonesia U-24 Lalai saat Melawan Korea Utara

Peringatan perang yang dilakukan pada hari Minggu, yang berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai, mengikuti serangkaian uji coba senjata oleh Korea Utara yang bersenjata nuklir, termasuk upaya untuk menempatkan satelit mata-mata militer pertamanya ke orbit. Upaya itu berakhir dengan kegagalan pada 31 Mei lalu tetapi Pyongyang berjanji akan melakukan upaya peluncuran kedua pada tanggal yang tidak ditentukan.

Korea Utara sekarang memiliki “senjata absolut terkuat untuk menghukum imperialis AS” dan “pembalas di tanah ini terbakar dengan keinginan gigih untuk membalas dendam musuh,” lapor KCNA.

Halaman Selanjutnya
img_title