Diiringi Kirab Bentor, Cara Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Ngawi

Diiringi Bentor, Cara Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Ngawi, VIVA Jatim - Memasuki libur sekolah, Kiai Muda Jatim Dukung Ganjar berkolaborasi dengan GP Ansor Kabupaten Ngawi mengadakan kegiatan Khitanan Massal untuk para anak-anak di Dusun Ngantru, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa, 27 Juni 2023.

Pj Gubernur Adhy Pantau Arus Mudik di Ngawi, Sebut Angka Kecelakaan di Jatim Menurun

Kegiatan ini diawali dengan kirab Becak Motor (bentor) yang mengiri anak-anak peserta khitanan masal mengelili Ngawi menuju tempat kegiatan. Selain itu, turut serta hadir Wakil Bupati  Ngawi Dwi Rianto Jatmiko dan Kepala Desa Ngawi Eko Budi yang membuka dan mengirngi jalannya kegiatan tersebut.

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi menjelaskan pentingnya khitanan bagi para anak-anak. Selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga mengindari adanya najis pada anggota badan saat beribadah.

Polisi Ungkap Kronologi Bus Rombongan Kader Hanura Terguling di Tol Ngawi

"Anjuran agama yang diamanatkan dari Rasulullah, kemudian dari sisi kesehatan khitan itu membersihkan kotoran yang tersisa dari kotoran buang air kecil. Ketika sudah dikhitan InshaAllah akan menjadi suci dan bersih terbebas dari penyakit," ujar Ali.

Ali menambahkan, Kiai Muda bekerja sama dengan pemerintah dan ormas dalam menyukseskan acara tersebut.

Bus Rombongan Kader Hanura Kecelakaan di Tol Ngawi, 3 Orang Tewas

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti kepala desa, ormas bahkan pemerintah Kabupaten Ngawi untuk membantu mereka yang kurang mampu dalam melaksanakan khitan pada anaknya," lanjut Ali.

Sebanyak 32 anak yang di khitan mengikuti proses acara tersebut sampai dengan selesai. Masyarakat dan orang tua dalam kegiatan tersebut tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title