Habib Bahar Smith Desak Bubarkan Al Zaytun dan Seret Panji Gumilang

Habib Bahar bin Smith
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimHabib Bahar bin Smith atau yang dikenal dengan Habib Bahar mendesak pihak berwajib untuk segera bersikap tegas terhadap polemik Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu dan pemimpinnya Panji Gumilang. Ia meminta untuk segera menutup pesantren itu dan menyeret Panji Gumilang.

Viral Aksi Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik

Perkataan Habib Bahar rupanya bukan tanpa alasan. Ia mendesak pemerintah bertindak tegas lantaran Panji Gumilang dianggap sesat dan menyesatkan. Karena itulah, baik Panji Gumilang maupun pesantren yang dipimpinnya harus ditutup.

"Ada satu kaidah apabila pemimpin rusak yang dipimpin bakal rusak, pemimpin yakni Pesantren, Masjid, organisasi, itu wadah, tergantung yang mengelola, tergantung pemimpinnya, apa pemikiran pemimpinnya, apa manhajnya, apa jalannya, seperti apa pemikirannya, apa keyakinannya, maka itu juga yang akan diikuti oleh orang-orang yang ada di dalamnya," kata Habib Bahar, dikutip dari VIVA, Selasa 4 Juli 2023.

Pencabutan Ijop Pesantren Tak Selesaikan Kasus Pencabulan

Habib Bahar menyebut Panji Gumilang dan lembaga pendidikan Al Zaytun yang dipimpinnya tak bisa dipisahkan. "Kalau mau dibilang, 'Oh itu kan Panjinya, santrinya kan Nggak' Enggak bisa begitu. Makanya kan kemarin saya bilang Bubarkan Al Zaytun, seret Panji Gumilang," ujar Habib Bahar.

Sementara mengenai hak para Santri yang menempa pendidikan di Al Zaytun, Habib Bahar mengaku siap menampung para Santri jika Al Zaytun dibubarkan. Sebagai pimpinan Pondok Pesantren, Habib Bahar akan berkoordinasi dengan para pimpinan pondok pesantren lainnya khususnya di Jawa Barat agar dapat menampung para santri Al Zaytun jika dibubarkan.

Menko Polhukam: Situasi Usai Pemilu 2024 Masih Aman Terkendali

"Adapun kalau (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan yang dikhawatirkan adalah hak-hak konstitusional daripada santri, saya siap mengajak seluruh pondok pesantren Aswaja yang ada di Jawa Barat, Banten dan bahkan Pesantren saya, jangankan ribuan, puluhan ribu santri saya siap," ujar Habib Bahar.

"Kalau Pesantren saya, sudah saya nyatakan gratis. Pesantren-pesantren yang lain akan saya suruh, kami akan bermusyawarah, para ustad, para Kiai, para habaib yang ada di Jawa Barat khususnya, Ayo kami siap tampung," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title