Turunkan Angka Stunting di Trenggalek, Ketua TP PKK Novita Luncurkan Dapur Cinta 

'Dapur Cinta' dari Ketua TP PKK Trenggalek, Novita Hardini
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Program Pemkab Trenggalek Mening Deh (Makarya Ning Desa, Desa Hebat) di Desa Sukowetan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek hari ini terasa berbeda. Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini melaunching program 'Dapur Cinta' (Dapur Cegah dan Atasi stunting) dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Trenggalek.

TPI Itjen Puji Pembangunan Zona Integritas Rutan Trenggalek

"Dapur cinta ini memang kita harus benar-benar hadir untuk masyarakat. Karena menyangkut hajat hidup masyarakat sebagai tanggungjawab pemerintah. Saya berharap apa yang dilakukan hari ini bisa menjadi menekan angka stunting," ujar Novita Hardini, Rabu, 5 Juli 2023.

Novita menjelaskan di Kota Alen-alen ini bersama-sama ingin mensukseskan program visi misi Bupati Trenggalek untuk menurunkan angka stunting dan angka kemiskinan ekstrim. Dimana separuh populasi penduduk cukup tinggi dalam kelompok perempuan dan anak.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

"Sehingga kami menggunakan pendekatan berbagai program untuk bisa menekan angka pertama pernikahan usia anak, angka stunting, kemiskinan ekstrim," paparnya.

Perempuan yang berperan dalam film Buya Hamka sebagai Fatimah, kakak Buya Hamka ini mengaku program ini akan ada di setiap desa. Pertama, akan menyediakan resep yang sudah disiapkan untuk disebar di masing masing dapur umum.

Pedagang Pasar Trenggalek Bakal Demo Lebih Besar Jika tak Ada Titik Temu

Perihal pendanaan, Novita menuturkan ads beberapa sumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (BPBD) kurang lebih sekitar RP 2,5 sampai Rp 5,5 miliar yang akan digunakan untuk memproduksi makanan di setiap desa.

Akan tetapi, menurutnya seperti yang disampaikan Bupati Trenggalek, dari nominal tersebut, tentu pihaknya membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak. Termasuk semangat partisipasi masyarakat dan stakeholder yang ada di beberapa sektor.

Halaman Selanjutnya
img_title