Ganjar Pranowo Digdaya di Mata Warga Surabaya

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA JatimElektabilitas Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo memuncak di mata warga Kota Surabaya. Bahkan tren Gubernur Jawa Tengah ini mengalami penanjakan yang signifikan dengan perolehan persentase di angka 56,3. 

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

“Untuk Surabaya, Ganjar terlalu digdaya, tren positif peningkatan angka elektabilitasnya sulit dikejar oleh calon-calon yang lain, baik itu Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan” kata Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi, Kamis 13 Juli 2023. 

Di survei elektabilitas, Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 22,1%, serta Anies Baswedan memeroleh 7,9%. “Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, Erick Thohir dengan 3,9%, Ridwan Kamil dengan 2,3%, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 2,1%, diikuti Mahfud MD 1,5%, sementara Khofifah I.P., Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno ketiganya 0,8%", imbuhnya. 

PDIP Lirik Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Menurut Iksan pencapaian signifikan Ganjar ini tidak terlepas dari kerja politik panjang yang dilakukan Ganjar selama ini, baik sebagai Gubernur Jateng maupun sebagai tokoh terkemuka di partai politik terbesar di Indonesia. 

"Sebagai Gubernur, Ganjar dinilai berhasil mengelola dan memimpin Jateng ditandai dengan berbagai penghargaan yang diterimanya sebagai kepala daerah. Sedangkah sebagai tokoh politik Ganjar juga sukses membangun citra diri positif sejauh ini," katanya. 

Eri Cahyadi Beri Sinyal Kembali Maju di Pilkada Surabaya, Gandeng Armuji?

Hasil survei elektabilitas tokoh politik ini dilaksanakan SSC dari tanggal 20 - 30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.