Survey SMRC Sebut Ganjar Pranowo Masih Unggul di Hati Kaum Santri dan Abangan

Ilustrasi Surat Suara
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimSaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencoba melakukan survei untuk mengetahui pengaruh warga Muslim yang beretnik Jawa di dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pada survey kali ini, SMRC menggunakan konsep yang digunakan antropolog Clifford Geertz yakni membagi Muslim Jawa ke dalam tiga kategori yaitu santri, abangan, dan priayi. 

Benarkah Hubungan Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah hanya Settingan Pemilu?

Pendiri SMRC, Saiful Mujani, mengatakan bahwa konsep santri, abangan, dan priayi merupakan konsep antropologis. Sebuah penafsiran dari Clifford Geertz terhadap gejala keagamaan Muslim di Jawa kala itu. SMRC melakukan survei pada Maret 2023 dengan menanyakan status kategori berdasar trikotomi Clifford Geertz itu (santri, abangan, priayi) kepada masyarakat Muslim Jawa, baik mereka yang tinggal di Pulau Jawa maupun di luar Jawa seperti Sumatra dan Sulawesi. Responden survei SMRC ini adalah warga yang menganggap dirinya sebagai orang Jawa dan Muslim.  

Saiful mengungkapkan, jumlah orang Jawa dari total penduduk seluruh Indonesia adalah sebesar 40 persen dan hampir 90 persen orang Jawa beragama Islam. Sementara survei terakhir SMRC mencatat ada 52,4 persen Muslim Jawa yang mengaku sebagai santri.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

“Kita melihat Muslim yang beretnik Jawa itu dalam studi kita terakhir ini adalah 52,4 persen, yang mengaku dirinya abangan 22,3 persen, yang priayi hanya 1,4 persen. Ada yang tidak bisa menyebut dirinya priayi, santri, atau abangan sebanyak 23,9 persen,” kata Saiful Mujani dikutip VIVA Jatim dari SMRC TV pada Kamis (13/7/2023)

Lalu apakah santri, abangan, dan priayi itu penting secara elektoral atau politik dalam Pilpres 2024 mendatang? Ke mana suara mereka akan berlabuh? 

Cak Imin Upload Foto dengan Dasco Gerindra, Ada Apa?

SMRC kembali bertanya kepada 52,4 persen Muslim Jawa yang mengaku santri itu tentang kecenderungan dukungan suara kepada para bakal calon presiden 2024. Hasilnya 15 persen mengaku memilih Anies Baswedan, 60 persen untuk Ganjar Pranowo, dan 20 persen mendukung Prabowo Subianto. Sementara 5 persen lainnya tidak menjawab. 

Lalu untuk 22,3 persen suara abangan, 14 persen di antaranya memilih Anies Baswedan, 58 persen ke Ganjar Pranowo, dan 11 persen untuk Prabowo Subianto. Sebanyak 16 persen responden tak menjawab atau tidak tahu. 

Halaman Selanjutnya
img_title