Enesis Group dan Kemenkes RI Gelar Edukasi Pencegahan DBD

Ilustrasi Nyamuk
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Enesis Group bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan edukasi pencegahan Demam Berdarah (DBD), melalui kegiatan Lomba Mewarnai.

Kasus DBD Melonjak, Forkopimda Mojokerto Fogging Serentak di 18 Kecamatan

Kerja Arbovirosis Direktorat P2PM, Agus Handito, mengatakan, peringatan Hari ASEAN Dengue Day, bertujuan menyatukan negara-negara ASEAN untuk bersama-sama menanggulangi deman berdarah

"Jadi, pemberantasan dan pengendalian demam berdarah dimulai dari hal kecil. Kita tidak bicara seluruh wilayah DKI, tapi dimulai dari lingkungan sekolah lebih dulu," ujarnya di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dikutip VIVA  Jatim.

Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada Penyakit DBD dan HFMD

DBD merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Ini termasuk salah satu penyakit yang mampu menyebabkan kematian bagi penderitanya.  Dikutip data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, jumlah kematian akibat DBD mencapai 472 Kasus. Dengan angka tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati dan waspada terkait penyakit bawaan yang biasa hadir bersamaan dengan musim penghujan ini.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti antara lain, memasang kelambu di kamar tidur dan kasa pada setiap lubang ventilasi dan jendela serta menggunakan repellent atau obat oles anti nyamuk. Selain itu, gunakan baju lengan panjang dan celana panjang, dan menerapkan 3M, yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang. 

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

Dalam kesempatan ini, dihadirkan juga praktik uji ampuh bersama Soffel yang mendapatkan antusiasme para siswa yang ingin mencoba uji ampuh dan membuktikan bahwa tangan yang sudah menggunakan Soffell tidak akan digigit oleh nyamuk. 

Ini merupakan bagian dari edukasi terkait pencegahan Demam Berdarah Dengue melalui 3M Plus, Menutup, Menguras, Mendaur ulang dan menggunakan obat anti nyamuk.  

Halaman Selanjutnya
img_title