Kereta Api Tujuan Blitar Hantam Truk hingga Meledak di Semarang, Korban Jiwa Nihil

Kereta api Jakarta-Blitar tabrak truk hingga terbakar di Semarang.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang, VIVA Jatim – Kereta api (KA) Brantas Jakarta-Blitar menghantam bodi truk tanpa bak di perlintasan kereta api Jalan Madukoro, Semarang Barat, Jawa Tengah, pada Selasa, 18 Juli 2023, malam sekira pukul 19.20 WIB. Kecelakaan tersebut memicu terjadinya ledakan hebat dan api pun berkobar. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Hari Kedua Arus Balik, 19.666 Orang Berangkat dari Surabaya Gunakan Kereta Api

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan antara kereta api dengan truk tersebut. hanya ada satu korban luka dari penumpang kereta api, karena melompat dari kereta api. Masinis dan sopir truk juga selamat.

Hal sama disampaikan Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryo Nugroho. “Sementara korban luka satu orang,” katanya.

KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lok dan 341 Kereta untuk Angkutan Lebaran 2024

Diberitakan sebelumnya, detik-detik kecelakaan terjadi terekam video amatir telepon pintar warga dan seketika viral di media sosial dan grup-grup WhatsApp. Sepertinya, sebelum ditabrak kereta api, truk panjang tanpa bak itu mogok dan terjebak di tengah-tengah perlintasan kereta api sehingga sempat disaksikan dan direkam warga.

Berdasarkan video yang beredar, truk tersebut melintang di atas rel kereta api. Tak lama kemudian, kereta api datang dengan kecepatan agak kencang, lalu menabrak bagian kepala truk. Begitu tertabrak, truk terseret lalu ledakan terjadi. Api pun berkobar dan membubung tinggi. Kereta api lalu berhenti dan badan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang.

Ramadhan Belum Tiba, Tiket Kereta Api Arus Balik Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Mengutip VIVA, seorang penumpang kereta api tujuan Blitar bernama Dimas (25 tahun), mengaku tidak tahu detik-detik terjadinya kecelakaan tersebut. Dia mengaku saat itu tiba-tiba mendengar suara benturan. 

“Kemudian kereta berhenti,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title