Orang Tua di Tulungagung Keluhkan Harga Seragam 2,3 Juta, Sekolah: Tak Wajib Beli

List harga seragam di Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Beredar kabar pada postingan dalam sebuah media sosial maupun Grup WhatsApp (WAG) Tulungagung list harga seragam Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan nominal Rp 2,3 juta. Sontak kabar tersebut mendapatkan banyak reaksi negatif karena dinilai memberatkan orang tua siswa.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Salah satu wali siswa, Emon (nama samaran) menjelaskan pembelian seragam saat siswa baru berbagai macam tipe, ada yang jilbab untuk perempuan dan laki-laki dengan harga yang berbeda-beda. Ia menjelaskan sekolah yang ditempati anaknya mewajibkan untuk membeli di koperasi.

"Anak saya kebetulan ada berapa item seragam yang harus dibayar, dan diwajibkan oleh sekolah biayanya Rp 2,3 juta. Dari rincian itu, belum dapat baju, tapi bentuknya masih kain. Kita masih jadiin baju dulu, jadi orang tua terbebani dua kali," ungkap Emon saat dikonfirmasi, Selasa, 25 Juli 2023.

Ulat Bulu Serang Sekolah di Mojokerto, Sejumlah Siswa Alami Gatal-gatal

Ia menyayangkan terkait pembelian tersebut diwajibkan. Selain itu, orang tua terbebani dengan harga yang lebih mahal bila dibandingkan di luar sekolah. Dengan harga Rp 180an ribu, sudah bisa membeli seragam.

"Harganya Up semua. Jadi satu buah jilbab harganya 160 ribu itu satu jilbab satu buah kain jilbab," akuinya.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Terpisah, Humas SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, Agung Cahyadi mengungkapkan bahwa sekolah benar-benar tidak mewajibkan orang tua membeli di dalam. Sekolah menyarankan untuk membeli di luar, jika dirasa harga yang dipatok mahal.

"Artinya kalau memang itu dirasa mahal, anak-anak diperbolehkan untuk membeli di luar. Kami tidak pernah mewajibkan atau mengarahkan di koperasi," terang Emon.

Halaman Selanjutnya
img_title