7 Hari Dicari di Bukit Sogeh Bondowoso Tak Ketemu, Pencarian Asmo Dihentikan

Tim SAR saat mencari keberadan Asmo di Bukit Sogeh, Bondowoso.
Sumber :
  • Basarnas Surabaya

Bondowoso, VIVA Jatim – Pencarian terhadap Asmo (48 tahun), warga setempat yang hilang saat mencari rumput di Bukit Sogeh, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, dihentikan pada Kamis, 27 Julib 2023. Keputusan itu diambil setelah tim SAR melakukan pencarian selama tujuh hari dan hasilnya nihil.

6 Perahu Dikerahkan Tim SAR Cari Nelayan Hilang di Prigi Trenggalek

Berdasarkan data dari Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya, Asmo berangkat mencari rumput ke Bukit Sogeh pada Kamis pekan lalu. Ia pamit berangkat pada malam hari dan tak kunjung kembali. Keluarganya lantas melaporkan itu dan dibentuklah tim SAR untuk mencari Asmo. 

Kepala Pencarian dan Pertolongan Basarnas Surabaya yang sekaligus menjadi SAR Mission Coordinator (SMC), Muhamad Hariyadi, mengatakan, pencarian sudah dilakukan selama tujuh hari oleh Pos SAR Jember dan tim SAR gabungan. 

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

“Namun belum ditemukan tanda keberadaan survivor,” katanya dalam keterangan tertulis diterima VIVA Jatim dari Basarnas Surabaya.

Pencarian hari ketujuh dilakukan dengan membagi tim SAR gabungan menjadi 2 SRU untuk menyisir Bukit Sogeh dengan luas area pencarian masing-masing 13.000 meter persegi. Namun, hingga pukul 17.00 WIB tim SAR gabungan belum menemukan Asmo. 

WNA Australia Ditelan Ombak saat Berselancar, Pos SAR Banyuwangi Kerahkan Tim Lakukan Pencarian

“Setelah dilakukan evaluasi pencarian dan koordinasi dengan keluarga survivor serta seluruh tim SAR gabungan, diputuskan untuk menutup operasi SAR sesuai dengan SOP yakni pencarian dilaksanakan selama tujuh hari” jelas Hariyadi. 

Namun, tambah dia, operasi akan dibuka kembali apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan Asmo. 

Halaman Selanjutnya
img_title